Channel 4 Inggris Akhirnya Batalkan Pemutaran Ulang Film Anti Islam

Gedung kantor Channel 4

Channel 4 Inggris telah membatalkan pemutaran ulang film dokumenter kontroversial tentang sejarah Islam setelah presenter acara tersebut mendapat ancaman.

Film yang bertajuk Islam: The Untold Story menerima sekitar 1.200 pengaduan ketika pertama kali disiarkan pada akhir Agustus lalu, dengan presenter Tom Holland yang menerima banyak pesan kecaman di Twitternya.

Seorang juru bicara  Channel 4 mengatakan: “Setelah meminta nasihat keamanan, kami sebenarnya enggan membatalkan pemutaran program Islam: The Untold Story. Namun kami tetap sangat bangga dengan film yang masih tersedia untuk pemutaran berikutnya.”

Film dokumenter Islam: The Untold Story berisi penelitian tentang asal-usul Islam dan mengklaim hanya ada sedikit bukti tertulis tentang Nabi Muhammad serta mempertanyakan keaslian dari banyak kisah di dalam Al-Qur’an.

Film ini mengklaim doktrin Islam muncul sepenuhnya terbentuk dalam sebuah teks tunggal, dan dikembangkan secara bertahap selama bertahun-tahun dengan ekspansi kerajaan Arab.

Channel4
Baca Juga

Tom Holland, seorang sejarawan yang menulis best seller Rubicon dan Persian Fire membela film dokumenter itu dengan mengatakan Islam adalah “subjek yang sah untuk penyelidikan sejarah”.

Holland sendiri menerima pesan kemarahan yang tak terhitung jumlahnya di Twitter, dengan beberapa dari mereka secara pribadi mengancam.

Satu pesan yang dikirim ke dia tertulis: “Anda mungkin akan menjadi sasaran di jalanan. Anda harus segera merekrut beberapa pengawal, untuk keselamatan diri Anda sendiri. ”

Channel 4 kemudian meminta nasihat keamanan dan mengambil keputusan untuk membatalkan pemutaran ulang dari film dokumenter yang rencananya diputar Kamis (13/9/2012) ini. (fq/eramuslim/salam-online.com)

Baca Juga