Diplomat AS di Sudan Dipaksa Mundur karena Masuk Islam

Sudan-kuasa usaha AS di Sudan-Joseph-Stafford (tengah)-masuk-Islam-jpeg.image
Joseph D Stafford (tengah)

KHARTOUM (SALAM-ONLINE): Kuasa Usaha kedutaan besar AS di Khartoum, Joseph D Stafford, mengundurkan diri dari jabatannya setelah ia masuk Islam, kata sumber-sumber media lokal Sudan.

Stafford mengatakan kepada kementerian luar negeri bahwa pengunduran dirinya dibuat karena “alasan pribadi”, namun sumber-sumber di Sudan mengungkap bahwa utusan khusus tersebut dipaksa mengundurkan diri setelah ia memeluk Islam.

Sumber-sumber mengatakan bahwa Stafford telah melakukan kunjungan ke markas Anshar al-Sunnah di Sudan dan menjalin hubungan erat dengan sejumlah ulama Sudan melalui kunjungan ini, demikian lansir worldbulletin.net, Kamis (6/2).

Departemen Luar Negeri AS sendiri belum membuat pernyataan untuk mengonfirmasi atau menyangkal berita mengenai Joseph Stafford.

Setelah mengundurkan diri, Stafford menerbitkan sebuah artikel di Sudan Tribune dan mengatakan, “Saya dan istri saya telah sangat beruntung untuk bertemu begitu banyak orang hebat di seluruh Sudan yang berbagi keinginan yang kuat untuk memperbaiki masyarakat mereka. Kami akan selalu ingat Anda dan negara Anda yang menarik, dan saya tahu Anda akan terus bekerja keras untuk kehidupan yang lebih baik, seperti yang Anda katakan setiap hari ‘Fii Kulu Harakah Barakah’ (di setiap gerakan ada keberkahan).”

AS sampai sekarang belum menunjuk duta besar untuk kedutaan besarnya di Khartoum sejak tahun 1998 dan telah membuat perwakilannya di sana dengan level kuasa usaha meskipun Sudan minta ditingkatkan. (muslimdaily.net)

salam-online

Baca Juga
Baca Juga