Spanduk ‘Tuhan Membusuk’ di UIN Surabaya, Kesombongan Luar Biasa

Catatan HARTONO  AHMAD JAIZ

–(Penulis Buku: Ada Pemurtadan di IAIN)–

Hartono Ahmad Jaiz-penulis buku Ada Pemurtadan di IAIN-jpeg.imageSALAM-ONLINE: Spanduk bertuliskan “Tuhan Membusuk” dalam kegiatan OSCAAR 2014 di UIN Surabaya menjadi berita ramai. Ada yang menulis, ‘Setelah Dosennya Pernah Menginjak-injak Al-Qur’an, Kini Mahasiswa UIN Sunan Ampel Anggap ‘Tuhan Membusuk’.

Pada kegiatan Orientasi Akademik dan Cinta Almamater (OSCAAR) tahun 2014 ini, Senat Mahasiswa (SEMA) Fakultas Ushuluddin dan Filsafat mengangkat sebuah grand tema, “Tuhan Membusuk”.OSCAAR 2014 bagi mahasiswa baru UIN Sunan Ampel itu berlangsung sejak Kamis 28 Agustus dan berakhir pada 30 Agustus 2014.

Suaranews mengutip Santrinews memberitakan, dari beberapa penelusuran alumni Ushuludin UIN Sunan Ampel, salah satu alumni menceritakan bahwa memang Ushuludin UIN Sunan Ampel sebenarnya sudah dari dulu mendoktrin mahasiswanya seperti itu. Ibaratnya mereka didoktrin membenci ‘agama’, terutama Islam.

“Sejak saya kuliah pertama kali sekitar tahun 2004. Ketika OSPEK/OSCAAR, kami sudah dididik untuk gemar mengkritisi agama, terutama Islam. Saya waktu itu sering mengkritisi kakak senior, karena didoktrin mengkritisi Islam yang lebih terasa sepertinya mereka membenci Islam,” ungkap salah satu alumnus Ushuluddin UIN Sunan Ampel yang tak ingin disebutkan namanya.

Bahkan seringkali kakak senior mereka menghambat waktu-waktu shalat, dengan diberikan banyak aktivitas yang, sepertinya agar melupakan waktu shalat.

“Masjid UIN Sunan Ampel itu besar, dan adzannya terdengar keras. Tetapi waktu ospek, kami malah disibukkan dengan beragam aktivitas. Sepertinya ingin agar kami melupakan shalat, dan tak jarang kakak senior malah bilang, shalat itu tidak perlu di masjid cukup di hati saja kita shalatnya,” kata mantan mahasiwa UIN Sunan Ampel yang berdomisili di Siwalankerto, Surabaya. (Lihat: ‘Setelah Dosennya Pernah Menginjak-injak Al-Qur’an, Kini Mahasiswa UIN Sunan Ampel Anggap Tuhan Membusuk’ (santrinews/suaranews).
Untuk memahami kalimat ‘Tuhan Membusuk’ dalam spanduk di UIN Surabaya yang jadi ramai di media itu, mari kita rujuk ke KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), apa makna lafal Tuhan, dan apa pula arti Membusuk.

Tuhann1 sesuatu yang diyakini, dipuja, dan disembah oleh manusia sebagai yang Mahakuasa, Mahaperkasa, dan sebagainya: — Yang Maha Esa;2 sesuatu yg dianggap sebagai Tuhan: pada orang-orang tertentu uanglah sebagai — nya;

mem·bu·sukv menjadi busuk: bangkai itu telah mulai -;

bu·suka1 rusak dan berbau tidak sedap (tt buah, daging, dsb): mangga itu sudah –;2 berbau tidak sedap (tt bangkai dsb): bangkai tikus itu — benar baunya;(KBBI)

Merujuk kepada kamus tersebut, kalimat “Tuhan Membusuk” makananya tidak jauh dari pengertian: Tuhan yang diyakini, dipuja, dan disembah telah menjadi busuk (sebagaimana bangkai tikus).

Ketika spanduk itu dibuat oleh mahasiswa perguruan tinggi Islam, berarti Tuhan itu maksudnya hanyalah Allah yang Maha Hidup. Karena dalam Islam, Tuhan yang berhak disembah itu hanya Allah. Itu telah dijelaskan dalam Al-Qur’an:

إِنَّنِي أَنَا اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنَا فَاعْبُدْنِي وَأَقِمِ الصَّلَاةَ لِذِكْرِي [طه/14]

14. Sesungguhnya aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku. (QS Thaha: 14).

Allah itu Maha Hidup tidak mati.

وَتَوَكَّلْ عَلَى الْحَيِّ الَّذِي لَا يَمُوتُ وَسَبِّحْ بِحَمْدِهِ وَكَفَى بِهِ بِذُنُوبِ عِبَادِهِ خَبِيرًا (58) الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ الرَّحْمَنُ فَاسْأَلْ بِهِ خَبِيرًا [الفرقان/58، 59]

58. dan bertawakkal-lah kepada Allah yang hidup (kekal) yang tidak mati, dan bertasbihlah dengan memuji-Nya. dan cukuplah Dia Maha mengetahui dosa-dosa hamba-hamba-Nya.

59. yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas Arsy [1071], (Dialah) yang Maha pemurah, maka tanyakanlah (tentang Allah) kepada yang lebih mengetahui (Muhammad) tentang Dia. (QS Al-Furqan: 58-59).

[1071] Bersemayam di atas ‘Arsy ialah satu sifat Allah yang wajib kita imani, sesuai dengan kebesaran Allah dan kesucian-Nya.

Firman Allah: dan bertawakkal-lah kepada Allah yang hidup (kekal) yang tidak mati itu jelas telah menolak bunyi spanduk yang kurangajar, “Tuhan Membusuk” itu.

Baca Juga

Kalau pembuat tulisan di spanduk itu masih menggunakan otak, maka akan sangat malu sekali menulis kalimat itu.

Kenapa?

Karena, Allah menjadikan orang yang sudah mati namun tidak membusuk saja mampu, bahkan menghidupkan yang telah mati saja mampu, kenapa penulis spanduk itu sampai berani mengatakan “Tuhan Membusuk”? Bukankah itu pertanda penulis spanduk itu tidak menggunakan otak?

Bukti dari adanya jasad manusia yang tidak dibusukkan alias diutuhkan oleh Allah Ta’ala adalah yang telah Allah firmankan:

وَجَاوَزْنَا بِبَنِي إِسْرَائِيلَ الْبَحْرَ فَأَتْبَعَهُمْ فِرْعَوْنُ وَجُنُودُهُ بَغْيًا وَعَدْوًا حَتَّى إِذَا أَدْرَكَهُ الْغَرَقُ قَالَ آمَنْتُ أَنَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا الَّذِي آمَنَتْ بِهِ بَنُو إِسْرَائِيلَ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِينَ (90) آلْآنَ وَقَدْ عَصَيْتَ قَبْلُ وَكُنْتَ مِنَ الْمُفْسِدِينَ (91) فَالْيَوْمَ نُنَجِّيكَ بِبَدَنِكَ لِتَكُونَ لِمَنْ خَلْفَكَ آيَةً وَإِنَّ كَثِيرًا مِنَ النَّاسِ عَنْ آيَاتِنَا لَغَافِلُونَ [يونس/90-92]

90. dan Kami memungkinkan Bani Israil melintasi laut, lalu mereka diikuti oleh Fir’aun dan bala tentaranya, karena hendak menganiaya dan menindas (mereka); hingga bila Fir’aun itu telah hampir tenggelam berkatalah dia: “Saya percaya bahwa tidak ada Tuhan melainkan Tuhan yang dipercayai oleh Bani Israil, dan saya termasuk orang-orang yang berserah diri (kepada Allah).”

91. Apakah sekarang (baru kamu percaya), Padahal Sesungguhnya kamu telah durhaka sejak dahulu, dan kamu termasuk orang-orang yang berbuat kerusakan.

92. Maka pada hari ini Kami selamatkan badanmu [704] supaya kamu dapat menjadi pelajaran bagi orang-orang yang datang sesudahmu dan sesungguhnya kebanyakan dari manusia lengah dari tanda-tanda kekuasaan kami. (QS Yunus: 90-92).

[704] Yang diselamatkan Allah ialah tubuh kasarnya. Menurut sejarah, setelah Fir’aun itu tenggelam mayatnya terdampar di pantai, ditemukan oleh orang-orang Mesir lalu dibalsem, sehingga utuh sampai sekarang dan dapat dilihat di mesium Mesir.

Perkataan “Tuhan Membusuk” dalam spanduk itu dalam analisis ini dapat diartikan bahwa itu ditulis oleh orang yang tidak menggunakan akalnya, menolak kebenaran, sekaligus menghina Allah Ta’ala.

Dalam Islam, menolak kebenaran sambil menghina atau meremehkan manusia itu disebut sombong. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam sabdanya:
عَنْ عَبْدِ الله بْنِ مَسْعُودٍ، عَنِ النَّبِيِّ قَالَ: «لاَ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ كَانَ فِي قَلْبِهِ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ مِنْ كِبْرٍ» قَالَ رَجُلٌ: إِنَّ الرَّجُلَ يُحِبُّ أَنْ يَكُونَ ثَوْبُهُ حَسَنا، وَنَعْلُهُ حَسَنَةً. قَالَ: «إِنَّ الله جَمِيلٌ يُحِبُّ الْجَمَالَ. الْكِبْرُ: بَطَرُ الْحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ . [رواه مسلم]

Artinya: “Diriwayatkan dari Abdulah bin Mas’ud dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: ‘Tidak akan masuk surga siapa yang dalam hatinya terdapat kesombongan meski sebesar biji atom’. Seseorang berkata: ‘(Bagaimana jika) seseorang suka pakaiannya baik dan sandalnya juga baik’. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ‘Sesungguhnya Allah itu indah dan mencintai keindahan. (Sedangkan) kesombongan adalah menolak kebenaran dan memandang rendah manusia (lain)’,” [HR Muslim].

Ketika menolak kebenaran dan memandang rendah manusia itu adalah kesombongan, maka bagaimana pula ketika sudah menolak kebenaran, sedang yang direndahkan bahkan dihina, disebut membusuk itu adalah Tuhan (Allah). Bukankah itu benar-benar kesombongan yang luar biasa? Padahal, sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tersebut:

«لاَ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ كَانَ فِي قَلْبِهِ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ مِنْ كِبْرٍ»

‘Tidak akan masuk surga siapa yang dalam hatinya terdapat kesombongan meski sebesar biji atom’.

Lha, perkataan “Tuhan Membusuk” itu kesombongan yang berapa juta kali lipat dibanding besarnya partikel atom (مِثْقَالُ ذَرَّةٍ)?

Ingatlah, orang tua menguliahkan anaknya ke perguruan tinggi Islam tentu saja bukan untuk menjadi orang yang sombong luar biasa. Bahkan Umat Islam pada umumnya juga sama sekali tidak menginginkan perguruan tinggi Islam se-Indonesia ini jadi ajang pemurtadan luar biasa seperti itu. Apalagi sudah sejak tahun 2005 telah diingatkan dengan tegas dalam satu buku berjudul Ada Pemurtadan di IAIN yang maksudnya memperingatkan seluruh perguruan tinggi Islam di Indonesia.

Tegakah kita membiarkan generasi penerus bangsa ini digarap besar-besaran oleh para penentang Allah Ta’ala untuk menjadi manusia-manusia yang kurang ajar lagi super sombong?

Tentu saja tidak tega. Tetapi, apa reaksi dan aksi kita, itu masih dipertanyakan, karena selama ini belum ada bukti yang menunjukkan bahwa kita tidak tega generasi bangsa ini dirusak secara besar-besaran. Sudah saatnya kita tunjukkan bukti. Paling kurang, para pelaku itu ditindak tegas dan disosialisasikan hukumannya, agar tidak lebih rusak lagi, dan tidak berani mengadakan penodaan agama lagi. Semoga.

Baca Juga