Dinilai Tak Berikan Manfaat, Tayangan Pernikahan di Trans TV Langgar Pedoman Penyiaran

Trans TV-3-jpeg.imageJAKARTA (SALAM-ONLINE): Program tayangan pernikahan dua hari penuh berturut-turut (16-17 Oktober 2014) dinilai telah melanggar Pedoman Penyiaran. Tayangan tersebut oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dinilai tak memberikan manfaat bagi publik.

Berdasarkan kewenangan menurut Undang-Undang No. 32 tahun 2002 tentang Penyiaran (UU Penyiaran), pengaduan masyarakat, pemantauan dan hasil analisis, KPI telah menemukan pelanggaran Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) KPI tahun 2012 pada Program Siaran “Janji Suci Raffi dan Nagita” yang ditayangkan oleh stasiun Trans TV pada 16 dan 17 Oktober 2014.

Program tersebut menayangkan seluruh prosesi pernikahan dengan dua nama di atas selama 2 (dua) hari berturut-turut. KPI Pusat menilai siaran tersebut telah dimanfaatkan bukan untuk kepentingan publik. Program tersebut disiarkan dalam durasi waktu siar yang tidak wajar serta tidak memberikan manfaat kepada publik sebagai pemilik utuh frekuensi. Jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas perlindungan kepentingan publik.

KPI Pusat memutuskan bahwa tindakan penayangan tersebut telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal 11 ayat (1) serta Standar Program Siaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal 11 ayat (1). Berdasarkan pelanggaran di atas, KPI Pusat memutuskan menjatuhkan sanksi administrasi Teguran Tertulis.

Baca Juga

“Saudari diminta untuk tidak menayangkan kembali (Re Run) serta tidak mengulangi kesalahan yang sama untuk program sejenis atau program sejenis lainnya. Perlu diingat bahwa frekuensi adalah milik publik yang harus dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kemaslahatan masyarakat banyak.

Lembaga Penyiaran wajib menjadikan P3 dan SPS KPI Tahun 2012 sebagai acuan utama dalam penayangan sebuah program siaran. Demikian agar sanksi administratif teguran tertulis ini diperhatikan dan dipatuhi. Terima kasih,” demikian teguran tertulis KPI untuk Trans TV.  (kpi.go.id)

salam-online

Baca Juga