Gubernur Jabar Minta Buku ‘Pacaran Sehat’ Ditarik dari Peredaran

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan-3-jpeg.image
Ahmad Heryawan

BANDUNG (SALAM-ONLINE): Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan minta buku pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan (Penjaskes) tingkat SMA/SMK yang memuat materi ‘Pacaran Sehat’ agar ditarik dari peredaran karena menimbulkan masalah dalam kehidupan masyarakat.

“Saya kira ketika menjadi perdebatan masyarakat membuat ‘confused’, lebih bagus ditarik,” kata Gubernur di Bandung, Jumat (17/10), seperti dikutip Republika Online.

Ia menuturkan, jika tidak ditarik maka disarankan bab atau lembaran dalam buku pelajaran yang bermasalah itu dihilangkan.

Ia menegaskan, persoalan peredaran buku yang dinilai masyarakat dan tenaga pendidik tidak senonoh itu merupakan masalah nasional, bukan pemerintah provinsi

“Ini masalah nasional bukan masalah provinsi,” kata Heryawan.

Baca Juga

Sebelumnya Forum Aspirasi Guru Independen (FAGI) Kota Bandung mendesak pemerintah untuk menarik buku tersebut dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk melarang peredaran buku yang tidak patut disampaikan kepada anak didik karena tidak sesuai dengan ajaran Islam.

Dalam buku halaman 128 dan 129 terdapat materi yang dinilai telah merendahkan martabat wanita tentang hubungan seks bebas pria kurang berisiko dibandingkan wanita.

Selanjutnya ada beberapa tips pacaran dalam buku tersebut yang dinilai melegalkan pacaran pada kalangan pelajar, bahkan menyebutkan larangan mengonsumsi makanan yang dapat merangsang sebelum pacaran. (RoL)

salam-online

Baca Juga