Hadir di Pengambilan Sumpah Jokowi, Ini Agenda Lain Menlu AS ke Indonesia

John Kerry-agenda lain ke Indonesia-1-jpeg.image
John Kerry

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Selain menghadiri acara pengambilan sumpah Joko Widodo dan Jusuf kalla sebagai presiden dan wakil presiden, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry punya agenda lain datang ke Indonesia.

Selain bertemu Jokowi, Kerry juga melakukan serangkaian pembicaraan dengan PM Malaysia, Singapura, Australia, Menlu Filipina dan Sultan Brunei.

Kerry mendesak para pemimpin Asia Tenggara agar mendukung perlawanan terhadap ISIS. Pejabat senior departemen luar negeri AS mengatakan pertemuan tersebut membahas berbagai masalah. Seperti sengketa Laut Cina Selatan, Ebola, dan kongsi perdagangan Trans-Pasific.

Namun dalam pertemuan ini, Kerry lebih fokus untuk menggalang dukungan terhadap koalisi AS melawan ISIS di Irak dan Suriah. Pembahasan meliputi langkah menghentikan rekrutmen ISIS dari Asia Tenggara, mencegah kembalinya para pejuang asing, dan menghentikan aliran dana mereka.

“Menteri luar negeri akan membahas berbagai masalah itu dan kami harap negara-negara tersebut dapat meningkatkan upayanya,” kata seorang pejabat saat mengikuti penerbangan Kerry ke Jakarta.

Baca Juga

Seorang pejabat kedua AS menambahkan, Kerry akan mendesak Jokowi untuk bertindak lebih. Yaitu dengan membekukan aset milik para “militant” yang sesuai dengan tuntutan satuan tugas aksi keuangan PBB.

“Mereka telah membuat sejumlah kemajuan dalam hal ini. Harapannya mereka akan berbuat lebih banyak dan menjadi bagian dalam upaya saat ini, untuk mendorong Indonesia melakukan apa yang harus mereka lakukan agar memenuhi kewajiban mereka di bawah kerangka PBB,” katanya.

Selain itu, Kerry juga mendesak Jokowi agar menjaga peran aktifnya dalam kebijakan luar negeri regional yang dilakukan oleh pemerintahan Indonesia sebelumnya. “Sebagai negara terbesar keempat dunia, negara demokrasi terbesar ketiga, dan negara yang memiliki warga Muslim terbanyak, peran Indonesia sangat penting,” katanya.  (ROL)

salam-online

Baca Juga