Komnas HAM: “Pernyataan Ahok Berbahaya”

Ahok-2-jpeg.imageJAKARTA (SALAM-ONLINE): Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama kembali mengeluarkan pernyataan yang membuat banyak pihak tidak senang. Basuki alias Ahok menyarankan pendemo dibunuh di tempat‎ jika anarkis.

Komisioner Komisi Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Otto Nur Abdillah menyayangkan statemen Ahok itu.

“Pernyataan Ahok itu berbahaya‎ karena dapat ditafsirkan anak buahnya untuk mengesekusi demonstran yang anarkis,” kata Otto, dikutip Republika Online dari Republika, Rabu (15/10).

‎”Sebagai pejabat negara Ahok punya rantai komando bisa diartikan untuk melakukan eksekusi,” lanjut Otto.
Otto mengatakan, tidak bisa dibenarkan seorang melakukan tindakan anarkis langsung dibunuh tanpa melalui pros‎es pengadilan.
Otto menyarankan jika demonstran sudah mengancam stabilitas keamanan pemerintahan lebih baik diproses hokum, bukan bunuh di tempat.

“Kan ada perangkat pemerintah untuk melakukan upaya menghalangi tindakan anarkis demonstran seperti Linmas dan Satpol PP,” sarannya.

Baca Juga

Seperti diberitakan sebelumnya Pria yang akrab disapa Ahok ini menegaskan negara tidak boleh dikalahkan oleh kelompok anarkis yang mengatasnamakan kepentingan tertentu. Terutama kepentingan tersebut menyangkut tentang agama suku dan ras.

Untuk itu jika ada kelompok yang menghambat usaha pemerintah untuk melaksanakan hal yang diamanatkan oleh konstitusi, maka aparat harus bertindak tegas.

“Ini tugas pemerintah kalau ada kelompok bertindak anarkis dan justru mengancam nyawa banyak orang, saya minta petugas untuk tindak tegas, bila perlu bunuh di tempat sekalipun ada kamera TV menyorot,” ujarnya. (RoL)

salam-online

Baca Juga