Pemkot Depok Hapus Materi ‘Pacaran Sehat’ di Buku Kurikulum 2013

Buku-PJOK-Kurikulum-2013-pegawai Disdik menunjukkan materi buku PJOK yang digugat (foto adi mulyadi-radar tegal)-ijpeg.image
Buku PJOK Kurikulum 2013 yang memuat “Pacaran Sehat”

DEPOK (SALAM-ONLINE): Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat, akan menghapus materi “pacaran sehat” dalam buku Kurikulum 2013 pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) untuk SMA. Wali Kota Depok Dr Nur Mahmudi Ismail mengatakan sudah meminta Dinas Pendidikan (Disdik) Pemkot Depok agar menghapus materi tersebut.

”Sudah sata perintahkan jajaran Disdik untuk menghapus materi mengenai pacaran di buku Kurikulum 2013. Saya pastikan tidak ada materi tersebut di buku-buku pelajaran Kurikulum 2013 di Kota Depok,” ujarnya, Senin (20/10), seperti dikutip Republika Online, Selasa (21/10).

Tema tersebut ada di bab X yang berjudul “Memahami Dampak Seks Bebas”. Disebutkan, gaya “pacaran sehat” terdiri dari beberapa macam unsur, yaitu sehat fisik, sehat emosional, sehat sosial, dan sehat seksual. Materi yang dipaparkan dalam “pacaran sehat” itu seakan-akan adalah hal yang Islami. Padahal, materi itu justru mengarahkan kepada maksiat, yakni zina mata, hati, kulit, dan telinga.

Baca Juga

Nur Mahmudi mengimbau Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) agar segera menghapuskan materi itu karena secara substantif mengajarkan hal yang tidak benar. ”Kalau ada pacaran yang halal, berarti nanti ke depan ada minuman yang halal, narkotika yang halal, judi yang halal, karena semuanya berawal dari pacaran yang halal itu,” ujarnya.  (rusdy nurdiansyah/andi nur aminah/ROL)

salam-online

Baca Juga