Aksi Brutal Polisi di Mushalla, MUI: “Tindakan Itu Sangat Menghina Rumah Ibadah”

KH Mar'uf Amin-waketum MUI Pusat-jpeg.image
Waketum MUI Pusat KH Ma’ruf Amin

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Kejadian tindak kekerasan yang dilakukan aparat Polrestabes Pekanbaru, Riau di dalam mushalla, mendapat kecaman dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Apalagi diketahui saat membubarkan aksi mahasiswa, polisi sampai masuk ke dalam mushalla dengan sepatu lengkap dan menginjak-nginjak sajadah. Sementara kitab suci umat Islam, Al-Qur’an, berserakan akibat aksi penyerbuan itu.

”Tindakan itu sudah sangat menghina rumah ibadah. Sangat tidak dibenarkan,” kata Wakil Ketua Umum MUI, KH Ma’ruf Amin saat dihubungi JPNN di Jakarta, Rabu (26/11).

Ma’ruf Amin pun meminta Kapolda Riau berani bersikap tegas dengan memberi teguran bahkan sanksi pada oknum personilnya bila terbukti melakukan tindakan kekerasan di dalam rumah ibadah.

”Oknum-oknumnya harus diberi sanksi sebagai pelajaran. Karena mereka tidak mengindahkan tata tertib dalam rumah ibadah,” tegasnya.

Menurut Ma’ruf, tidak ada alasan apapun sebagai pembenaran, ada pihak yang masuk rumah ibadah masih dengan menggunakan alas kaki.  Ditambah pula dalam pemberitaan, polisi memukuli mahasiswa dan melakukan kekerasan di dalam tempat ibadah tersebut.

”Harusnya mereka patuh tata tertib. Kalau mau nangkap, kan bisa pakai cara lain. Tidak dengan cara seperti itu. Kami akan minta MUI daerah mengecek kasus ini ke Polda Riau. Kita minta kasus ini ditindaklanjuti,” tandas Ma’ruf.

Baca Juga

Sementara itu, Kapolresta Pekanbaru, Kombes Polisi Robert Harianto Watratan kepada Pekanbaru Pos tadi mengatakan, anak buahnya terpaksa membubarkan paksa aksi mahasiswa karena tidak mengantongi izin.

Perihal penyerbuan yang dilakukan polisi ke dalam mushalla, Robert mengaku hal itu dilakukan setelah mahasiswa tidak juga kunjung mau bubar.

”Kami sudah memberikan kesempatan mereka untuk shalat. Setelahnya kami minta mereka untuk membubarkan diri. Tapi mereka tidak juga keluar-keluar, maka kami bubarkan paksa,” tegas Robert.

Mengenai bentrokan dan aksi pemukulan polisi kepada mahasiswa, kata Robert, sebagai cara untuk membubarkan paksa.  ”Aksi mereka tidak mengantongi izin. Kami tidak punya jalan lain selain membubarkan paksa,” katanya. (flo/jpnn)

salam-online

Baca Juga