Akses Sejumlah Situs Islam Diblok, Jagad Media Sosial Protes

Situs-Islam-Diblokir-jpeg.imageJAKARTA (SALAM-ONLINE): Anda sulit atau bahkan tak bisa mengakses sejumlah situs media Islam? Itu lantaran akses untuk membuka sejumlah situs berita Islam tersebut diblok. Hari ini, Senin (30/3) rezim Jokowi melalui Kementerian Kominfo, diberitakan mulai memblok akses ke sejumlah media Islam online tersebut.

Sebelumnya beredar surat dari Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika yang ditujukan kepada Internet service provider (ISP) agar menindaklanjuti ‘penutupan’ akses pada sejumlah situs media Islam.

Surat edaran itu disebutkan untuk menindaklanjuti permintaan dari BNPT, yang menyebutkan rencana pemblokiran sejumlah media Islam karena digolongkan “radikal”.

Ke-19 situs yang menurut BNPT termasuk situs radikal itu di antaranya adalah: dakwatuna.com. hidayatullah.com, muslimdaily.net, arrahmah.com, Aqlislamiccenter.com, salam-online.com, kiblat.net, panjimas.com, eramuslim.com, muslimdaily.net, dan lainnya. Sejumlah media Islam itu tak bisa diakses dari beberapa provider.

Baca Juga

Sehubungan dengan adanya penutupan sepihak tersebut, yang berarti menghalangi publik untuk memperoleh hak mendapatkan informasi, maka jagad media sosial pun hari ini diramaikan dengan protes!

Tagar #KembalikanMediaIslam pun menyebar. Akun @pedulijilbab yang memiliki 188 ribu follower berkicau: Hari ini Media Islam mulai dibredel. Dakwatuna,Hidayatullah dan media Islam lainnya menjadi korban. #KembalikanMediaIslam

Akun @yusfinryu pun mempertanyakan: Islam negeri mayoritas Muslim. Benarkah? #KembalikanMediaIslam. Ada juga @tomi_emirhan yang berkata: AWAS! Ini bukanlah upaya melawan radikalisme, tapi praktik ISLAMOPHOBIA! BNPT via KOMINFO #KembalikanMediaIslam (is/so)

Baca Juga