“Bertentangan dengan Islam, Ini Rukun Iman dan Rukun Islam Versi Syiah”

P1040742
KH Khaerul Yunus

BOGOR (SALAM-ONLINE): Penasihat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor KH Khaerul Yunus menegaskan, agar MUI, Pemkot dan Pemkab Bogor bersama-sama melarang ajaran Syiah dan membubarkan organisasi serta aktivitas para penganutnya.

“Aliran ini sangat bertentangan dengan Islam, sangat meresahkan dan membahayakan di Negara ini. Saya sengaja membawa beberapa buku rujukan mereka yang di dalamnya bertolak belakang dengan Al-Qur’an dan Sunnah,” kata KH Khaerul Yunus di hadapan sejumlah wartawan di Bogor, Kamis (5/3).

Beberapa hal yang bertentangan dengan Islam diungkap oleh Ketua Dewan Dakwah Kabupaten Bogor ini, sebagaimana yang terdapat dalam buku-buku rujukan penganut Syiah, di antaranya Rukun Iman dan Rukun Islam

“Sudah jelas kok, rukun Iman dan rukun Islamnya saja berbeda dengan kita, kaum Muslimin, dan bertentangan dengan Islam,” tegasnya.

Ia menjelaskan, dalam buku yang ditulis istri Jalaluddin Rakhmat, Emilia Renita Az, “40 Masalah Syi’ah” bab 18 halaman 121-122 tentang Rukun Iman dan Rukun Islam versi Syiah yang berbeda dengan Islam.

Dalam Islam, rukun Iman ada 6, namun dalam buku ini Rukun Iman Syiah ada 5, yaitu:

  • Percaya kepada keesaan Allah
  • Percaya kepada keadilan Ilahi
  • Percaya kepada Kenabian
  • Percaya kepada Imamah
  • Percaya kepada hari kiamat
Baca Juga

Catatan: Iman kepada para malaikat Allah, kitab-kitab Allah, serta Qada dan Qadar, tidak ada. Bedanya lagi, pada Rukun Iman Syiah terdapat ‘‘percaya kepada keadilan Ilahi’ dan ‘percaya kepada Imamah’.

Kemudian, dalam Islam, Rukun Islam ada 5, tapi Rukun Islam versi Syiah tak jelas—apakah 10 atau 11? Karena nomor urut 8 tidak ada, dari 7 langsung loncat ke-9, yaitu : 1. Shalat, 2. Puasa, 3. Zakat, 4. Khumus, 5. Haji, 6. Jihad, 7. Amar Ma’ruf Nahi Munkar, 9. Tawalla (membenci apa yang dibenci Rasul saw dan Ahlulbaitnya), 10. Taharra (mencintai apa yang dicintai Rasul saw dan Ahlulbaitnya), 11. Amal Saleh.

Catatan: Nomor urut 8 tidak ada. Apakah Rukun Islam versi Syiah itu berjumlah 10 atau 11?

Dalam Rukun Islam versi Syiah itu, kata KH Khaerul Yunus, jelas sekali prinsip Islam yang pertama, yakni Syahadat, hilang.

“Padahal yang membedakan antara seorang Muslim dengan yang bukan Muslim adalah Berikrar dengan Dua Kalimah Syahadat,” ujar KH Yunus.

P1040734“Itu belum lagi dengan sederet perbedaan prinsip lainnya yang sangat menyimpang dari ajaran Islam, misalnya kalimat adzan yang berbeda, ada tambahan kalimat yang menyebut Sayyidina Ali, dan masih banyak lagi. Ini sebagian buku-buku rujukan Syiah yang di dalamnya bertolak belakang dengan Al-Qur’an dan Sunnah,” ungkapnya sambil menunjukkan setumpu buku-buku Syiah dan memperdengarkan adzan versi aliran ini kepada para wartawan.

Karenanya, kata KH Khaerul Yunus, tunggu apa lagi? “Ini sudah jelas, para ulama di MUI serta Pemerintah, segera larang Syiah dan bubarkan semua organisasi dan aktivitas mereka di negara ini,” tegasnya.

Baca Juga