Gubernur Zaini Abdullah Ajak Warga Aceh di Jabodetabek Bantu Muslim Rohingya

Gubernur Aceh Zaini Abdullah-1-jpeg.image
Gubernur Aceh Zaini Abdullah

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Gubernur Aceh Zaini Abdullah mengajak seluruh masyarakat Aceh Sejabodetabek ikut berpartisipasi dalam membantu masyarakat Muslim Rohingya yang terdampar di Aceh.

“Kami berharap semua kita dapat berpartisipasi untuk membantu saudara-saudara kita dari Myanmar dan Banglades,” katanya di sela-sela pertemuan Pemerintah Aceh dengan masyarakat Aceh Sejabodetabek di Jakarta, Sabtu (23/5).

Ia mengajak semua masyarakat Aceh di perantauan untuk membangun rasa solidaritas sesama saudara Muslim dengan menyalurkan bantuan kepada Muslim Rohingya yang terdampar di Aceh.

“Jika ada zakat, sedekah atau bantuan lainnya dapat dikirimkan kepada saudara-saudara kita,” katanya.

Ia mengatakan Pemerintah Aceh telah melakukan berbagai penanganan dan penyaluran bantuan untuk membantu Muslim Rohingya yang terdampar di Aceh.

“Pemerintah Aceh bersama masyarakat terus bekerja optimal dalam memberikan penanganan terhadap pengungsi Rohingya,” ungkapnya.

Baca Juga

Data BNPB menyebutkan saat ini jumlah pengungsi Muslim Rohingya dari Myanmar dan Bangladesh yang ada di Aceh berjumlah 1.722 jiwa.

Jumlah pengungsi itu terdiri dari 1.239 jiwa laki-laki, 244 jiwa perempuan dan 238 jiwa anak-anak.

Pengungsi tersebut terdampar di perairan provinsi ujung paling barat Indonesia itu pada 10, 15, 16, dan 20 Mei 2015.

Saat ini pengungsi sudah ditempatkan di pengungsian yang tersebar di empat daerah yaitu 560 jiwa di Kab Aceh Utara, 47 jiwa di Kab Aceh Tamiang, 682 jiwa di Kota Langsa dan 433 jiwa di Kab Aceh Timur.

Sumber: Antara

salamonline

Baca Juga