PM Malaysia Perintahkan Selamatkan Pengungsi Muslim Rohingya

rohingya-aceh-Meski Ditolak TNI, Panglma Laut Aceh Minta Nelayan Selamatkan Pengungsi Muslim Rohingya-jpeg.imageKUALA LUMPUR (SALAM-ONLINE): Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak, Kamis (21/5), dengan tegas memerintahkan Tentera Laut Diraja Malaysia dan Penjaga Pantai Malaysia untuk menyelamatkan perahu pembawa pengungsi Muslim Rohingya.

“Saya memerintahkan Angkatan Laut dan Badan Bahari Malaysia mencari dan menyelamatkan perahu Rohingya. Kita harus mencegah kematian,” kata Najib di Facebook-nya seperti dilansir Antara, Kamis (21/5).

Pernyataan Najib itu isyarat paling tegas, bahwa kapal Malaysia akan giat mencari dan menyelamatkan pengungsi tersebut.

Pada Rabu (20/5), Menteri Luar Negeri Malaysia dan Indonesia mengumumkan terobosan, dua negara itu akan menyelamatkan ribuan pengungsi, yang terapung-apung di laut.

Mereka mengumumkan dua negara akan menerima manusia perahu (Muslim Rohingya) untuk bisa mendarat di pantai Malaysia dan Indonesia, menyudahi kritik terhadap dua negara yang sempat menolak perahu pengungsi.

Tetapi tidak secara spesifik menyebutkan apakah tentara Malaysia akan diarahkan untuk mencari dan menyelamatkan para pengungsi.

Baca Juga

Sekitar 3.000 orang migran telah mendarat di pantai Malaysia, Indonesia, dan Thailand setelah Thailand menggerebek jaringan perdagangan manusia dan menyebabkan perdagangan ilegal ini kacau.

Perahu-perahu penuh dengan pengungsi Muslim Rohingya dan Bangladesh yang kelaparan setelah ditelantarkan oleh sindikat perdagangan manusia dan terombang-ombing tanpa kejelasan di lautan.

Sumber: Antara

salamonline

Baca Juga