Komnas Ham Desak Pemerintah Berikan Satu Pulau untuk Muslim Rohingya

Komnas HAM-Maneger Nasution-jpeg.image
Maneger Nasution (Foto: EZ/salamonline)

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Komisioner Komnas Ham Maneger Nasution menyatakan perlu ada tindakan yang cepat dari pemerintah demi melindungi para pengungsi Muslim Rohingya yang sedang ditampung‎ di wilayah Aceh. Sebab, mereka adalah tamu negara, harus diberi tempat yang layak.

“Tentu kami akan mendesak pemerintah untuk memberikan satu pulau untuk mereka tinggal. Mereka ini pengungsi, tamu negara yang mesti kita tempatkan yang layak, bukan dipenjarakan,“ ujarnya saat menerima Koalisi Masyarakat Indonesia Peduli Rohingya (KMIPR), di kantor Komnas Ham, Senin (22/6) kemarin.

Ia menekankan Komnas Ham akan melihat langsung keadaan pengungsi di lapangan, baik di medan maupun aceh.

Baca Juga

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan yang masuk untuk Rohingya. Kami beserta anggota Komnas HAM lainnya akan turun ke lapangan sesuai dengan rekomendasi teman-teman, untuk menyapa langsung pengungsi yang ada di Aceh maupun di Medan,” kata Maneger.

Menurutnya, sebagai kakak tertua ASEAN, Indonesia harus memainkan perannya dalam dunia internasional untuk membantu warganegara Muslim yang menerima penindasan dan mengkaji apakah negara itu melakukan pembiaran atau malah ikut dengan kejahatan tersebut.

“Komnas HAM adalah lembaga negara yang memiliki domain untuk memberikan rekomendasi kepada pemerintah, apakah ini merupkan pelanggaran atau tidak,“ tegasnya. (EZ/salamonline)

Baca Juga