Publik Malaysia Marah dan Tuntut Mundur Perdana Menterinya, Pengamanan Diperketat

Malaysia-Publik Malaysia demo Perdana Menterinya-3-jpeg.imageKUALA LUMPUR (SALAM-ONLINE): Dugaan korupsi sekitar 700 dollar terhadap PM Najib Razak, membuat publik negeri jiran itu marah kepada sang perdana menteri dan menuntutnya mundur. Aksi demo puluhan ribu (diklaim 50.000-an) pengunjuk rasa di Kuala Lumpur, Sabtu (29/8) kemarin, membuat polisi malaysia meningkatkan dan memperketat pengamanan di kota itu.

Demonstrasi yang diselenggarakan oleh Koalisi buat Pemilihan Umum yang Adil dan Bersih itu, direncanakan berlangsung selama dua hari, mulai Sabtu siang kemarin sampai hari ini. Polisi menyatakan pertemuan terbuka itu tidak sah dan tindakan akan dilakukan terhadap para penyelenggaranya.

Pemerintah Malaysia telah melarang rakyat mengenakan pakaian berwarna kuning yang berisi tulisan ‘Bersih 4’—nama pertemuan terbuka tersebut—dan semua jejaring yang dianggap menyiarkan laporan yang bisa merusak keamanan, dan ketenangan masyarakat akan dipantau oleh pihak berwenang.

Malaysia-Publik Malaysia demo Perdana Menterinya-4-jpeg.imageLima tuntutan telah didaftar oleh pemrotes, yaitu pemilihan umum yang bebas dan adil, pemerintah yang transparan, hak untuk berdemonstrasi, diperkuatnya sistem parlementer dan diselamatkannya ekonomi nasional.

Para pemrotes menyerukan pengunduran diri Perdana Menteri Najib Razak, yang menghadapi tekanan yang berpangkal dari dugaan penggelapan dana, kata Xinhua, seperti dikutip Antara, Ahad (30/9).

Wall Street Journal sebelumnya melaporkan sebanyak 700 juta dolar yang berkaitan dengan 1MDB, perusahaan penanam modal milik negara yang dirundung utang, telah dialihkan ke dalam rekening pribadi Najib. Namun Najib membantah bahwa ia mengambil “dana masyarakat buat kepentingan pribadi”.

Mahathir Mohammad, perdana menteri paling lama di negeri itu dan mantan mentor Najib, secara terbuka telah menyeru Najib agar meletakkan jabatan. Sementara itu, Komisi Anti-Korupsi Malaysia (MACC) belum lama ini mengatakan di dalam satu pernyataan bahwa dana tersebut, yang didepositokan ke dalam rekening Najib, datang dari donor dan bukan dari 1MDB.

Malaysia Politics
Perdana Menteri Najib Razak
Baca Juga

Mahathir dan istrinya, Siti Hasmah Mohd Ali, melakukan kunjungan mengejutkan ke Daratan Merdeka, tempat demonstrasi diselenggarakan. Ketika ditanya mengapa ia datang ke tempat protes tersebut, mantan perdana menteri Malaysia itu mengatakan ia “cuma ingin melihat”.

Menurut laporan kantor berita nasional Malaysia, Bernama, Najib menggambarkan para penyelenggara dan peserta pertemuan terbuka ‘Bersih 4’ sebagai “orang yang dangkal dan buruk” dalam patriotisme mereka.

Najib dan 1MDB dengan keras membantah telah melakukan tindakan yang melanggar hukum.

Rekening Najib sejak saat itu ditutup dan belum ada yang mengetahui di mana uang senilai hampir 700 juta dolar AS itu.

Terungkapnya kasus ini kemudian memicu kemarahan publik Malaysia, termasuk anggota dari partai Najib berasal, UMNO.

Malaysia-Publik Malaysia demo Perdana Menterinya-1-jpeg.imagePemerintah Malaysia sudah melarang sebuah surat kabar untuk beredar selama tiga bulan karena dinilai terlalu agresif dalam memberitakan skandal Najib. Di sisi lain, pemerintah juga mengancam akan memenjarakan siapapun yang memberitakan hal sama dengan tudingan melawan pemerintah.

Sumber: Antara

Baca Juga