Kisah tentang Bocah Suriah yang Jasadnya Ditemukan di Pantai

Suriah-Foto jenazah Alan Kurdi yang ditemukan di pantai membangkitkan amarah publik-jpeg.image
Foto jasad Alan Kurdi yang ditemukan di pantai oleh aparat kemanan Turki (Reuters)

SALAM-ONLINE: Ayah dari bocah berusia tiga tahun asal Suriah, yang ditemukan meninggal di sebuah pantai di Turki, menceritakan kisah seputar kematian putranya kepada BBC.

Abdullah Kurdi mengaku kapal yang ditumpangi keluarganya diterjang ombak tinggi setelah bertolak dari Turki menuju Pulau Kos, Yunani. Kapten kapal kemudian memutuskan menceburkan diri ke laut dan berenang.

“Saya mencoba mengemudikan kapal tapi ombak tinggi mendorong kapal hingga terbalik. Itulah ketika kejadian berlangsung. Saya mencoba menangkap anak dan istri saya, namun tiada harapan. Satu persatu mereka meninggal,” kata Abdullah.

Menurut petugas penjaga pantai Turki, sekelompok migran meninggalkan Turki melalui Semenanjung Bodrum menuju Pulau Kos di Yunani pada Rabu (2/9) dini hari, namun dua perahu yang mereka tumpangi karam tidak lama kemudian.

Suriah-Reaksi sejumlah media atas penemuan jenazah Alan Kurdi-jpeg.image
Reaksi sejumlah media atas penemuan jenazah bocah Alan Kurdi

Dua belas jenazah, termasuk lima anak-anak, ditemukan oleh aparat keamanan Turki.

Baca Juga

Salah satu anak adalah Alan Kurdi, putra Abdullah. Foto Alan yang meninggal dan tersapu ombak ke pantai di dekat Bodrum diterbitkan begitu beberapa jenazah ditemukan pada sekitar pukul 06.00 waktu setempat.

Foto Alan menjadi trending topic di seluruh dunia dan memicu kemarahan masyarakat internasional yang mendesak Uni Eropa agar melakukan tindakan darurat untuk menampung para migran.

Abdullah begitu emosional ketika mengetahui bahwa tidak hanya Alan yang meninggal, tapi juga putranya, Galip, yang berumur lima tahun, dan istrinya, Rihan.

“Saya ingin duduk di sebelah makam keluarga saya dan menyembuhkan luka yang saya rasakan,” kata Abdullah.

Suriah-Alan Kurdi, 3 tahun-jpeg.image
Foto Alan Kurdi semasa hidup

Seorang petugas rumah sakit mengatakan jenazah Alan, kakak, dan ibunya akan diterbangkan ke Istanbul, berpindah ke Suruc di dekat perbatasan Suriah, lalu mencapai Kobane. (BBCIndonesia)

Baca Juga