Pasukan Koalisi Arab Gagalkan Kapal Iran yang Mau Selundupkan Senjata untuk Syiah Houthi

Pasukan Koalisi Arab Gagalkan Kapal Iran yang Mau Selundupkan Senjata untuk Syiah Houthi-2-jpeg.imageRIYADH (SALAM-ONLINE): Pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi berhasil menangkap dan menggagalkan kapal Iran yang mau menyelundupkan senjata untuk pemberontak Syiah Houthi di Yaman di sebelah tenggara negara Oman, tepatnya di perairan wilayah Salalah pada hari ketiga liburan Idul Adha lalu.

Ketika kapal pertama kali diperiksa dan disita, ditemukan sejumlah roket dan rudal, termasuk 18 senjata tajam, 54 peluru kendali anti tank, 15 baterai Kit yang dirancang untuk militer proyektil, sistem bimbingan senjata dan senjata-senjata lainnya, demikian seperti dilansir Saudigazette, Kamis (1/9).

Pasukan koalisi juga mengumumkan telah melakukan penangkapan 14 orang pelaut di atas kapal. Dokumen yang disita dari awak kapal menunjukkan bahwa kapal tersebut terdaftar di bawah nama warga negara Iran Hogan Mohammed Hout. Dokumen ini juga menunjukkan bahwa kapal telah diatur untuk keperluan memancing oleh pemerintah Iran.

Brigadir Jenderal Ahmed Al-Assiri, juru bicara koalisi, berbicara kepada Channel Al Hadath (cabang dari media Al-Arabiya) bahwa jenis senjata yang ditemukan di kapal berupa roket dan rudal pada Sabtu (26/9) lalu sekitar 150 mil laut (241 km) dari Salalah di Oman selatan. Senjata tersebut nantinya akan digunakan untuk membantu pemberontak Syiah Houthi di Yaman.

Baca Juga

Pasukan Koalisi Arab Gagalkan Kapal Iran yang Mau Selundupkan Senjata untuk Syiah Houthi-1-jpeg.imageSeperti diketahui, Arab Saudi bersama negara teluk berkoalisi untuk memadamkan pemberontak Syiah Houthi yang menduduki Yaman selama lebih dari enam bulan terakhir. (EZ/salam-online)

Sumber: Saudigazette, Channel Al Hadath

Baca Juga