F-16 Turki Tembak Jatuh Pesawat Tempur Rusia

Turki-F-16 Turki tembak jatuh pesawat tempur Rusia di perbatasan Suriah-Turki-jpeg.imageLATTAKIA (SALAM-ONLINE): Sebuah jet militer milik Rusia ditembak jatuh oleh di wilayah perbatasan Suriah-Turki pada Selasa (24/11).

Laman berita Worldbulletin, Selasa (24/11) melansir, militer Turki telah menembak sebuah pesawat militer milik Rusia yang memasuki wilayah terlarang perbatasan Turki dan Suriah. Sebuah stasiun TV Haberturk telah menunjukkan rekaman sebuah jet tempur Rusia itu terbakar setelah ditembak karena melintasi wilayah Turki.

Pesawat tempur Rusia SU-24 itu disergap oleh F-16 Turki di dekat perbatasan Suriah-Turki, kemudian menembaknya, karena melanggar wilayah udara Turki. Pesawat tempur Sukhoi ini dilaporkan jatuh di sekitar Jabal Turkman, Lattakia, tak jauh dari perbatasan Suriah-Turki.

Peristiwa ini terjadi tak lama setelah Turki memprotes Rusia, karena manuver provokatif yang diperlihatkan pesawat dari negara beruang merah itu yang terus membombardir warga sipil Suriah, termasuk pengungsi dekat perbatasan.

Menurut sumber Reuters, seorang pejabat militer Turki mengatakan bahwa jet tempur Rusia itu ditembak jatuh setelah sebelumnya diberi peringatan untuk tidak memasuki wilayah perbatasan Turki.

Sementara Kementerian Pertahanan Rusia membantah jet tempur yang ditembak jatuh oleh Turki di perbatasan Suriah itu melanggar wilayah udara Turki.

Namun para pejabat Turki mengatakan bahwa benar jet yang ditembak jatuh itu adalah pesawat tempur Rusia SU-24 yang dengan sengaja memasuki wilayah Turki.

Baca Juga

Dalam sebuah pernyataannya, pasukan militer Turki mengatakan pesawat perang Rusia ditembak jatuh setelah peringatan sebanyak 10 kali dalam waktu lima menit tidak digubris.

Meskipun pemerintah Turki mengatakan bahwa pesawat jet SU-24 telah melanggar wilayah udaranya, tetapi Rusia mengatakan itu tetap dalam batas wilayah Suriah.

Presiden Tayyip Recep Erdogan membenarkan sebuah pesawat tempur ditembak jatuh oleh Turki di perbatasan Suriah yang diidentifikasi adalah milik Rusia.

“Sebuah pesawat jet Rusia SU-24 itu jatuh ditembak karena memasuki wilayah terlarang perbatasan Turki,” ujar Erdogan. Ini link videonya:

https://www.youtube.com/watch?v=GgEoHVCPh1Q&feature=share

(EZ/salam-online)

Baca Juga