Saudi Tembak Jatuh Rudal Scud Pemberontak Syiah Houthi

Saudi army artillery fire shells towards Houthi movement positions at the Saudi border with Yemen April 15, 2015. REUTERS/Stringer TPX IMAGES OF THE DAY - RTR4XHTX

RIYADH (SALAM-ONLINE): Rudal Patriot Arab Saudi berhasil menembak jatuh sebuah Scud yang ditembakkan dari ibu kota Yaman menuju selatan Saudi, Selasa (9/2). Koalisi pimpinan Saudi mengatakan hal ini kepada AFP, sehari setelah serangan Scud lainnya.

Dalam insiden terbaru, puing-puing dari Scud hancur dan jatuh di provinsi Jizan perbatasan Saudi, namun tidak ada yang cedera, kata juru bicara Koalisi Brigjen Ahmed Al Asiri.

Menurut Asiri, pemberontak syiah Houthi meluncurkan rudal dari dalam ibu kota Yaman, Sana’a, yang terletak sekitar 200 km dari Jizan yang mereka rebut pada akhir 2014.

Saudi mengerahkan rudal Patriot yang dirancang untuk melawan rudal balistik taktis, yang telah ditembakkan beberapa kali oleh pemberontak Houthi sejak Maret ketika koalisi pimpinan Saudi memulai serangan udara untuk mendukung pemerintah Yaman setelah Houthi yang didukung Iran merebut banyak wilayah di negara itu.

Baca Juga

Pada April tahun lalu Kementerian Pertahanan Saudi mengatakan serangan koalisi telah menghapus ancaman terhadap keamanan Arab Saudi dengan menghancurkan persenjataan berat dan rudal balistik yang dikuasai oleh milisi Syiah Yaman.

Posisi pasukan anti Houthi yang didukung koalisi sekarang berada sekitar 30 sampai 40 km dari Sana’a. Karenanya, milisi Houthi mulai panik dan melancarkan serangan membabi buta, kata Asiri.

Pada Senin (8/2), pertahanan udara koalisi mencegat misil Scud yang ditembakkan dari Khamis Mushait, sebuah kota dekat Pangkalan Udara Raja Khalid. (EZ/salam-online)

Sumber: Al Arabiya

Baca Juga