AS: ‘Serangan Udara Rusia di Suriah Untungkan ISIS’

Suriah-Serangan Udara Rusia di Suriah Untungkan ISIS-2-jpeg.imageWASHINGTON (SALAM-ONLINE): Serangan udara Rusia di dan sekitar Aleppo terhadap oposisi Suriah menguntungkan kelompok ISIS, kata pejabat tinggi Amerika Serikat, Rabu (10/2).

“Yang dilakukan Rusia secara langsung menguntungkan ISIS,” kata Brett McGurk, Duta Khusus Presiden Amerika Serikat untuk Sekutu, yang memerangi kelompok itu di Suriah dan Irak, kepada Komite Departemen Urusan Luar Negeri.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry, menuduh Rusia mengganggu usaha melaksanakan pertemuan perdamaian Suriah dalam pekan terakhir. Rusia dianggap menghambat karena melakukan serangan udara di sekitar Aleppo untuk mendukung pergerakan pasukan rezim.

Kerry beserta sekitar 20 menteri luar negeri, termasuk Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, melaksanakan pertemuan di Munich, Kamis (11/2), untuk mencoba mengatur gencatan senjata dan akses kemanusiaan ke beberapa kota Suriah, yang dikepung pasukan rezim.

Baca Juga

“Kami sebenarnya menginginkan gencatan senjata dua bulan lalu dan tidak mendapatkannya. Kami perlu melakukannya secepat mungkin,” kata diplomat Amerika Serikat, yang tidak disebutkan namanya, kepada para wartawan.

Pada Selasa lalu, Kerry meminta Moskow untuk melakukan gencatan senjata secepat mungkin di Suriah dan untuk menghentikan kampanye serangan udaranya yang belakangan ini semakin digencarkan. (Antara)

Baca Juga