Ketum IMM Beni Pramula: “Aneh, Negeri Kepulauan kok Bikin Pulau”

Beni Pramula-1-jpeg.image
Beni Pramula

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Indonesia adalah negeri kepulauan yang mempunyai ribuan gugusan pulau. Bukan sekadar asumsi ataupun pendapat, sebab negeri kepulauan itu sangat nyata dan diakui seluruh rakyat Indonesia.

“Maka aneh sekali sebuah kebijakan seperti di DKI Jakarta yang justru membuat pulau tambahan, pulau buatan seperti reklamasi,” ujar Ketua Umum DPP Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Beni Pramula kepada salam-online, Selasa (26/4).

Parahnya lagi, kata Beni, banyak kepala daerah berlomba-lomba menguruk lautan untuk dijadikan pulau tambahan, seperti dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di Pantai Utara Jakarta. Padahal di Jakarta diketahui juga banyak pulau.

Baca Juga

“Aneh, Negeri Kepulauan kok membikin pulau. Itulah ironi Negeri Kepulauan. Intinya proyek taipan-taipan dan kepentingan segelintir orang, rakyat banyak terabaikan,” sesal penulis buku ‘Ironi Negeri Kepulauan’ ini.BukuXIroniXNegeriXKepulauan-2

Menurut Beni, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Koordinator Bidang Maritim belum lama ini memang sudah memutuskan untuk menghentikan sementara (moratorium) pelaksanaan reklamasi di Pantai Utara Jakarta. Namun moratorium dirasa belum cukup, terlebih dalam pemberian izin reklamasi terindikasi adanya pelanggaran hukum.

“Tidak boleh sebatas Moratorium saja, sebab terdapat indikasi korporasi yang melanggar hukum. Karena itulah hukum harus ditegakkan. Begitu juga ketika Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang terbukti melanggar aturan maka sanksi hukum juga harus diberikan kepadanya,” tutup Beni. (EZ/salam-online)

Baca Juga