Hamas Apresiasi dan Bangga dengan Posisi Turki terhadap Masalah Palestina

Sami Abu Zuhri-Hamas-1
Juru Bicara Hamas Sami Abu Zuhri

SALAM-ONLINE: Kelompok Hamas pada Kamis (23/6) mengapresiasi dan memuji posisi resmi Turki terhadap masalah Palestina. Kelompok yang berbasis di Gaza ini mengatakan hal tersebut sebagi sebuah rasa “bangga”, sebagaimana disampaikan juru bicaranya, Sami Abu Zuhri, pada surat kabar Al-Resalah.

Pernyataan itu disampaikan sehari setelah surat kabar online Emirat, Al-Rai Al-Youm, melaporkan bahwa sumber Hamas mengklaim Turki telah menyerah pada tuntutan untuk mengangkat pengepungan di Gaza sebagai syarat untuk normalisasi hubungan diplomatik dengan “Israel”.

Al-Rai Al-Youm juga mengklaim sumber Hamas yang mengatakan bahwa Turki akan mengambil tindakan keras terhadap para pejabat Hamas di negara itu, termasuk meminimalkan kehadirannya dan membatasi gerakannya.

Juru bicara resmi Hamas Sami Abu Zuhri membantah klaim tersebut. Ia menekankan bahwa tidak ada pejabat Hamas yang membuat pernyataan seperti itu. Karena itu, Sami Abu Zuhri meminta harian Al-Rai Al-Youm untuk berhenti mencemarkan nama baik Hamas.

Baca Juga

Awal pekan ini, media Turki dan “Israel” melaporkan bahwa kesepakatan untuk menormalkan hubungan antara kedua belah pihak diharapkan akan diumumkan segera.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Turki menegaskan bahwa negaranya bersikeras mengangkat pengepungan Gaza sebagai bagian dari persyaratan perjanjian dengan “Israel”.

Dalam konferensi pers yang diadakan di Ankara Rabu (22.6), ia mengatakan bahwa negaranya tidak akan memutuskan hubungan dengan Hamas “yang dipilih oleh rakyat Palestina” sebagai syarat untuk menormalkan kembali hubungan Turki dengan “Israel”. (EZ/salam-online)

Sumber: Middleeasmonitor

Baca Juga