Peneliti Utama LIPI Siti Zuhro tak Percaya dengan Hasil Survei yang Menangkan Ahok

Siti Zuhro-1
Dr Siti Zuhro

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Peneliti Utama LIPI, Siti Zuhro, tidak percaya dengan temuan sejumlah lembaga survei yang menyebutkan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan menang pada pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 mendatang.

Dia mengaku sangat selektif dengan hasil-hasil survei yang dipublikasikan karena kebanyakan hanya merupakan upaya mempengaruhi opini publik itu sendiri.

“Kalau sekarang dikatakan Ahok nomor satu, jelas saja karena memang belum ada lawan yang sudah mendeklarasikan diri dan mendapat cukup dukungan partai,” jelas Siti Zuhro, Kamis (21/7) seperti dikutip RMOL.co, Jumat (22/7).

Zuhro menyampaikan hal ini saat dimintai tanggapan terkait hasil survei SRMC yang dirilis kemarin. SMRC menyebutkan 81 persen pendukung PDI Perjuangan akan memilih Ahok.

Baca Juga

Lebih jauh dia mengatakan bahwa sejak 2008 dirinya tidak begitu saja langsung percaya hasil survei. Sebab, ujarnya, banyak survei merupakan pesanan.

“Kalau mau hasil survei benar, maka seharusnya calon itu seimbang, sama-sama punya dukungan partai, dikontestasikan, baru disurvei. Lah ini belum ada lawan kok disurvei, yah jelas menang. Wong belum apa-apa sudah dilakukan penilaian,” kata Siti Zuhro.

Sumber: RMOL.co

Baca Juga