Warga Suriah dan Turki di Inggris Gelar Doa dan Dukungan untuk Pemerintahan Erdogan

London-Warga Suriah di London Gelar Doa dan Dukungan untuk pemerintah TurkiLONDON (SALAM-ONLINE): Warga Suriah dan Turki di London berkumpul bersama pada Ahad (24/7) untuk menyatakan rasa syukurnya atas kegagalan kudeta 15 Juli terhadap pemerintahan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Acara di Greenford, London utara, itu diselenggarakan oleh kelompok Perdamaian dan Keadilan untuk Suriah bekerjasama dengan Uni Demokrat Turki-Eropa di London.

Pada kesempatan itu warga Suriah membawa bendera Turki dan berdoa agar negara Turki selalu damai dan sejahtera.

Peserta yang hadir juga berdoa bagi Suriah yang sedang berjuang untuk kebebasan dan untuk negara yang akan dibebaskan. Duta Besar Turki untuk Inggris, Abdurrahman Bilgic, mengatakan kepada kantor berita Anadolu, Ahad (24/7), bahwa semua datang bersama-sama untuk merayakan kegagalan upaya kudeta di negaranya.

“Kami berada di sini hari ini sebagai bagian dari Festival “demokrasi” bersama saudara dan saudari Suriah kita,” kata Abdurrahman Bilgic. Ia menambahkan, “Dengan bangsa kita, kita semua adalah satu dan bersatu. Di sini, di London, kita berada dalam semangat solidaritas seperti di jalan-jalan Turki (saat rakyat turun melawan kudeta), dengan semua keindahan dan warna.”

Ia mengatakan, itu sebabnya di mana-mana, baik warga maupun dunia Islam menunjukkan solidaritas, perasaan dan dukungan mereka satu sama lain dengan tidak tidur, seperti saudara-saudara mereka di Turki.

Muhammad Najjar dari kelompok Perdamaian dan Keadilan untuk Suriah, mengatakan rakyat Suriah sangat berterima kasih atas dukungan Turki, dan apa pun yang terjadi, mereka akan berdiri bersama orang-orang Turki.

Baca Juga

“Rakyat Suriah mengirim pesan cinta dan solidaritas. Mereka mencoba untuk mengatakan, ‘Kami bersama kalian (Turki). Apapun yang terjadi kepada kalian, kami bersama kalian’,” ungkap Najjar.

“Kami tidak ingin melihat apa yang terjadi di Suriah, terjadi pula di Turki, Allah tidak mengizinkan,” tegasnya.

“Kami tidak ingin melihat setetes darah di jalan-jalan Ankara atau Istanbul, atau di mana saja di Turki. Allah memberkahi kalian semua, Allah memberkahi orang-orang Turki yang membuka rumah mereka, hati mereka, sekolah mereka, rumah sakit dan lembaga-lembaga mereka untuk rakyat Suriah,” ucapnya.

Sebuah doa bersama diselenggarakan dalam acara itu untuk warga dan aparat yang kehilangan nyawa mereka pada 15 Juli lalu saat melawan kudeta di Turki. (EZ/salam)

Sumber: Anadolu

Baca Juga