Komandan FSA: “Tak Hanya Bantu Daesh, Rezim Suriah Juga Dukung PKK-PYD Berhaluan Komunis”

suriah-tak-hanya-bantu-daesh-rezim-suriah-juga-dukung-pkk-pydALEPPO (SALAM-ONLINE): Pasukan Basyar Asad membantu Daesh (ISIS) dan kelompok PKK/PYD dukungan Rusia dalam pertempuran melawan Tentara Pembebasan Suriah (FSA), seorang komandan FSA menyatakan pada Selasa (25/10).

PYD (Partai Uni Demokratik) merupakan kelompok berhaluan komunis dukungan Rusia di Suriah. Organisasi ini adalah cabang dari organisasi teroris Partai Pekerja Pakistan (PKK) berideologi Marxisme-Leninisme-Nasionalisme Kurdi yang berbasis di Turki.

Abu Ramadan mengatakan Daesh dan PKK/PYD bergerak bersama-sama sepanjang garis Marea-Jarablus di Aleppo utara.

“Daesh beraksi empat tahun lalu ketika Asad tidak bisa membendung gempuran oposisi (pejuang Islam Suriah, red),” katanya kepada kantor berita Anadolu, Selasa (25/10). “Sekarang, rezim tidak hanya membantu Daesh tetapi juga PKK/PYD di wilayah ini,” ujarnya lagi.

Dia mengatakan, rezim Asad dan PKK/PYD memainkan semua upaya untuk mencegah kemajuan pejuang Suriah dalam melawan Daesh di wilayah tersebut.

Baca Juga

PYD yang merupakan cabang Partai Pekerja Kurdistan (PKK) Turki di Suriah, oleh pemerintah Turki keduanya dimasukkan dalam daftar sebagai kelompok teroris, meskipun AS dan Uni Eropa hanya menyebut PKK sebagai organisasi teror itu. Sementara terhadap PYD di Suriah, AS tak menganggapnya sebagai kelompok teror.

Operasi Euphrates Shield diluncurkan pada akhir Agustus untuk membersihkan daerah perbatasan utara Suriah dari teroris. Operasi militer ini telah menargetkan Daesh dan PKK/PYD dengan dukungan militer Turki. (EZ/salam-online)

Sumber: Anadolu

Baca Juga