Pasukan Koalisi Gagalkan Pengiriman Senjata Empat Kapal Iran untuk Milisi Syiah Houthi di Yaman

yaman-digagalkan-pasukan-koalisi-iran-kirim-senjata-untuk-syiah-houthiDUBAI (SALAM-ONLINE): Kapal perang dari Angkatan Laut pasukan koalisi dan negara-negara sekutu telah menggagalkan empat kapal yang akan mengirim senjata dari Iran ke Yaman. Senjata-senjata itu dikirim untuk pemberontak Syiah Houthi.

“Pasukan koalisi mencegat empat kapal Iran yang akan menyuplai senjata ke Yaman,” kata Wakil Laksamana Kevin Donegal seperti dilansir ArabNews, Kamis (27/10).

“Kami tahu mereka datang dari Iran dan kita tahu tujuan mereka,” katanya kepada wartawan di sebuah pangkalan militer yang dirahasiakan di Asia Barat Daya.

Donegal mengatakan, empat kapal tersebut berisi ribuan senapan AK-47, rudal anti-tank, senapan sniper dan “bagian perlengkapan lainnya”.

“Salah satu kapal telah divalidasi oleh PBB sebagai sebuah kapal pengiriman senjata ilegal,“ ungkapnya.

Baca Juga

Seperti diketahui, Yaman telah diguncang oleh konflik sejak pemberontak Houthi yang didukung Iran menyerbu ibu kota Sanaa dan kota-kota lainnya di Yaman sejak tahun 2014.

Aksi ilegal milisi Syiah Houti itu menyebabkan koalisi Arab yang dipimpin Saudi melakukan intervensi militer ke Yaman pada Maret tahun lalu. Koalisi Arab itu mendukung pemerintah yang sah dan diakui secara internasional.

Saudi menyebut Iran mempersenjatai para pemberontak, meski Teheran membantah tuduhan itu. (EZ/salam-online)

Sumber: ArabNews

Baca Juga