Kawal Pemeriksaan Habib Rizieq, Massa Ormas Islam Bergerak dari Masjid Al Azhar Menuju Polda

Massa ormas Islam bergerak dari Masjid Al Azhar menuju Polda Metro Jaya untuk mengawal pemeriksaan Habib Rizieq. (Foto: Badriyanto/Okezone)

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Massa ormas Islam memadati Masjid Agung Al-Azhar, Kebayoran, Jakarta Selatan, Senin (23/1/2017) pagi.

Mereka membawa berbagai atribut dan spanduk untuk mengawal jalannya pemeriksaan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Syihab di Mapolda Metro Jaya yang rencananya akan dilakukan pada pukul 09.00 WIB.

“Sekarang, urusan Habib Rizieq, bukan hanya urusan FPI. Tapi juga urusan umat Islam,” tegas seorang dari mereka di pelataran Masjid Agung Al-Azhar seperti dikutip Tribunnews, Senin (23/1).

Selama menunggu anggota ormas lainnya hadir, massa melaksanakan Shalat Dhuha sebelum akhirnya meninggalkan lokasi dan longmarch menuju Polda Metro Jaya.

Sementara itu, dari depan masjid, sejumlah aparat berjaga di sepanjang jalan untuk memperlancar arus lalu lintas dan mengawal aksi tersebut.

Imam Besar FPI, Habib Rizieq, akan dimintai keterangan sebagai saksi terlapor kasus dugaan logo Bank Indonesia (BI) di mata uang rupiah baru yang disebut ada simbol ‘palu-arit’.

Baca Juga

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono, mengatakan pihaknya akan menyiapkan pengamanan jika Habib Rizieq nantinya membawa massa seperti halnya saat pemeriksaan di Polda Jawa Barat.

“Tetap, kami persiapkan untuk pengamannya (jika bawa massa), untuk pengawalannya pun kita siapkan,” ujar Argo.

Sebagai upaya mengantisipasi jumlah massa yang datang, Polri meminta Habib Rizieq membuat surat pemberitahuan terlebih dahulu.

“Tentu kalau ada pengerahan massa harus pemberitahuan dulu kepada kepolisian, kan massanya banyak, berkumpulnya orang banyak kan harus pemberitahuan dulu, jadi biar kita tahu dan pengguna jalan tidak terganggu dan sebagainya,” katanya.

Dari laporan live di salah satu halaman Facebook tampak arus massa masih bergerak menuju Polda Metro Jaya.

Sumber: Tribunnews, FB

Baca Juga