Kelompok Oposisi Suriah Tinggalkan Wilayah Al-Waer di Kota Homs


SALAM-ONLINE: Kelompok oposisi beserta para keluarga mulai meninggalkan wilayah Al-Waer yang sebelumnya menjadi basis wilayah pejuang Islam Suriah di Kota Homs.

Evakuasi tersebut seperti dilansir Al Araby.co.uk (The New Arab), Sabtu (18/3) dilakukan di bawah kesepakatan dengan rezim Basyar Asad dukungan Rusia yang ditandatangani awal pekan ini.

Salah seorang wartawan melaporkan, melihat sejumlah pejuang oposisi dan keluarga mereka meninggalkan daerah tersebut pada Sabtu (18/3) dengan menggunakan bus menuju kota utara Jarablous yang berbatasan dengan Turki.

Kawasan Al-Waer adalah rumah bagi sekitar 75.000 orang warga yang telah berada di bawah pengepungan rezim Asad sejak 2013.  Sejak itu pula daerah ini kekurangan makanan dan obat.

Beberapa aktivis oposisi yang mengkritik perjanjian tersebut, mengatakan kesepakatan itu bertujuan untuk menggantikan 12.000 warga Al-Waer, termasuk 2.500 pejuang. Sementara itu evakuasi akan berlangsung selama beberapa pekan mendatang.

Proses evakuasi diiringi dengan banyaknya demonstrasi di banyak kota, salah satunya Homs, menyerukan rezim Basyar Asad untuk mundur dari kekuasaan yang menyebabkan warganya menderita untuk mencari perlindungan. Di Al-Waer sendiri mencapai 50.000 populasi di wilayah tersebut kehilangan tempat tinggal. (EZ/salam-online)

Sumber: The New Arab/alaraby.co.uk