Pentagon: Iran Ancaman Keamanan Terbesar bagi Stabilitas di Timur Tengah

Jenderal Joseph Votel

SALAM-ONLINE: Dari Markas Departemen Pertahanan/Kantor Utama Angkatan Bersenjata AS di Pentagon, Komandan Sentral Komunikasi Angkatan Darat, Jenderal Joseph Votel, menegaskan bahwa Iran merupakan ancaman keamanan terbesar bagi stabilitas di seluruh Timur Tengah.

Votel mengatakan kepada Komite Senat Angkatan Bersenjata pada Kamis (9/3) bahwa Iran berusaha menjadi hegemoni regional, untuk menunjukkan pengaruhnya di Irak dan Suriah. Ia menyebut Teheran memainkan peran penting dalam mendukung rezim Suriah dan mengeksploitasi daerah yang didominasi Syiah untuk mencapai tujuannya.

“Dalam pandangan saya, Iran merupakan ancaman jangka panjang terbesar bagi stabilitas di bagian (kawasan) dunia ini (Timur Tengah, red),” ujarnya seperti dilansir Al Arabiya dari VOA, Jumat (10/3). Dia mengungkapkan bahwa AS berurusan dengan berbagai kegiatan fitnah yang dilakukan oleh Iran dan proxynya di Timur Tengah.

Baca Juga

Votel menekankan pernyataannya bahwa Iran berusaha menjadi “hegemoni regional” di kawasan tersebut dan menggunakan perilaku destabilisasi untuk mencapai tujuannya itu. (s)

Sumber: Al Arabiya

Baca Juga