Syiah Houthi Bantai Puluhan Warga Sipil di Taiz

Anak-anak berusia 3 tahun pun jadi sasaran milisi Syiah Houthi

SALAM-ONLINE: Milisi Syiah Houthi telah membantai puluhan warga sipil di wilayah permukiman di Taiz, Yaman, dalam waktu rentang tiga hari sejak Ahad (21/5) hingga Selasa (23/5).

Serangan tersebut melukai dan membunuh puluhan warga sipil, termasuk wanita dan anak-anak.

Sebuah laporan dari Kementerian Hak Asasi Manusia yang berbasis di Aden, Yaman, mendokumentasikan pembunuhan tersebut, termasuk anak-anak berusia tiga tahun.

“Tindakan penargetan langsung dan pembantaian di rumah serta lingkungan dilakukan tanpa pandang bulu, sebagian besar korbannya adalah perempuan dan anak-anak. Hal itu menunjukkan bagaimana milisi Houthi meremehkan kehidupan warga negara Yaman,” demikian laporan tersebut seperti dilansir The New Arab (alaraby.co.uk), Kamis (25/5).

Kementerian tersebut meminta PBB dan kelompok hak asasi manusia untuk “menekan dan berdiri teguh melawan milisi Houthi atas kejahatan mereka terhadap warga sipil serta mengambil langkah yang diperlukan untuk menghukum dan mengakhiri tindakan mereka yang merusak negara”.

Baca Juga

Pada Selasa (23/5) lalu, LSM medis Doctors Without Borders melaporkan bahwa pihaknya mengobati 57 pasien dengan luka parah hanya dalam satu hari di Taiz. Sebagian besar korban adalah perempuan dan anak-anak.

“Milisi Houthi juga membunuh warga sipil tanpa ampun,” seorang warga setempat bernama Fahd mengatakan kepada The New Arab.

“Kebanyakan warga merasa kesulitan untuk mengakses layanan kesehatan, karena sebagian besar staf medis meninggalkan Taiz menuju kota lain,” tutur Fahd. (EZ/Salam-Online)

Sumber: The New Arab (alaraby.co.uk)

Baca Juga