Syiah Houthi Jarah dan Sita 550 Konvoi Bantuan Kemanusiaan untuk Rakyat Yaman

SALAM-ONLINE: Seorang pejabat senior Yaman pada Rabu (24/5) mengungkapkan pemberontak Syiah Houthi dan sekutu mereka telah menjarah 63 kapal bantuan di Yaman, kantor berita pemerintah Saba melaporkan.

Milisi Houthi telah menjarah 63 kapal bantuan dan menyita 550 konvoi bantuan kemanusiaan yang dialokasikan untuk program bantuan kemanusiaan bagi rakyat Yaman.

Wakil Menteri Administrasi Daerah Abdul Salam Ba-Abboud mengatakan dalam sebuah seminar dengan para ilmuwan Yaman di ibukota Saudi, Riyadh.

“Milisi kudeta (Syiah Houthi) telah menghancurkan kehidupan di Yaman dan menyebabkan lebih dari 20 juta orang membutuhkan berbagai bantuan, sementara lebih dari 24 juta lainnya memerlukan layanan kesehatan,” katanya, seperti dilansir Middleeastmonitor (MEMO), Kamis (25/5).

Baca Juga

Pejabat tersebut mengatakan, Houthi menerapkan agenda kolonial ekspansionis yang menargetkan Semenanjung Arab dan Teluk, dengan dukungan langsung dari Iran, untuk mengendalikan pelayaran internasional.

Untuk diketahui, saat ini warga Yaman menderita kesehatan dan kondisi keamanan yang memburuk sejak perang (Maret 2105) berlangsung sampai hari ini. Koalisi negara-negara Arab yang dipimpin Saudi hingga saat ini masih berperang melawan pemberontak Syiah Houthi dan pasukan yang setia kepada mantan Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh. (EZ/Salam-Online)

Sumber: Middleeastmonitor

Baca Juga