Qatar Tolak Daftar Hitam ‘Terorisme’ tanpa Dasar dari Saudi dan Sekutunya

SALAM-ONLINE: Arab Saudi dan sekutunya Jumat (9/6) mengeluarkan “daftar hitam” berisi 59 individu dan 12 entitas  terorisme yang  mereka sebut memiliki hubungan dengan Qatar.  Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), Mesir dan Bahrain mengeluarkan “daftar hitam” itu setelah memutuskan hubungan diplomatik dengan Doha Senin (5/6) lalu.

Pernyataan yang dikeluarkan oleh Saudi dan sekutunya telah meningkatkan tekanan pada Qatar lantaran tuduhan dukungan pendanaan bagi kelompok-kelompok “teroris” dalam “daftar hitam” tersebut.

Pengumuman oleh Arab Saudi dan sekutunya meningkatkan tekanan pada Qatar atas tuduhan bahwa hal tersebut mengganggu urusan negara-negara tetangganya dengan mendukung dan membiayai kelompok-kelompok militan Islam.

Keempat negara Arab tersebut mengeluarkan 59 daftar nama, termasuk pemimpin spiritual Ikhwanul Muslimin Prof Dr Yusuf al-Qaradhawi dan 12 entitas, di antaranya adalah Yayasan Amal (Qatar Charity and Eid Charity Qatar).

Qatar menolak tuduhan yang disebutkan oleh Arab Saudi dan sekutunya bahwa negara itu mendukung “terorisme”.

“Pernyataan gabungan baru-baru ini yang dikeluarkan oleh Kerajaan Saudi, Bahrain, Mesir dan UEA mengenai ‘daftar pendanaan terorisme’ sekali lagi memperkuat tuduhan tak berdasar yang sebenarnya tidak memiliki landasan,” kata pemerintah Qatar dalam sebuah pernyataan seperti dilansir Reuters, Jumat (9/6).

“Posisi kami dalam melawan terorisme lebih kuat daripada banyak penandatangan pernyataan bersama, sebuah fakta yang telah diabaikan oleh para penulis,” sambung pernyataan itu.

Baca Juga

Qatar mengatakan bahwa pihaknya memimpin wilayah tersebut untuk menyerang apa yang disebut akar terorisme, memberi kaum muda harapan melalui pekerjaan, mendidik ratusan ribu pengungsi Suriah dan mendanai program masyarakat untuk menantang agenda ekstremisme.

Daftar tersebut adalah semacam pernyataan sikap bersama pertama yang dikeluarkan oleh empat negara Arab sejak Senin (5/6/2017), ketika mereka memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar.

Empat negara Arab mengeluarkan daftar tersebut beberapa jam setelah Qatar mengatakan bahwa Doha tidak akan “menyerah” dan menolak setiap campur tangan dalam kebijakan luar negerinya.

Qatar sendiri termasuk anggota Liga Arab dan ikut mendukung koalisi yang dipimpin Saudi dalam memerangi kelompok pemberontak Syiah Houthi di Yaman.

Qatar, adalah negara kaya gas yang telah lama menerapkan langkah independen dalam kebijakan luar negerinya. (EZ/Salam-Online)

Sumber: Reuters

Baca Juga