Sambut Hari Jadi Kedua, ‘Komunitas Ketimbang Ngemis Bali’ Santuni Nenek Fatma

DENPASAR (SALAM-ONLINE)): Dalam rangka menyambut hari jadi kedua dan memanfaatkan momen bulan suci Ramadhan, ‘Komunitas Ketimbang Ngemis Bali (KNB)’ menggelar kegiatan buka puasa bersama dengan kaum dhuafa yang tinggal di rumah semi permanen di Jalan Pulau Roti, Pedungan, Denpasar pada Ahad (11/6/2017).

Dalam kesempatan itu pula, Komunitas Ketimbang Ngemis Bali juga memberikan santunan kepada seorang Nenek yang bermata pencaharian sebagai pengumpul paku bekas bernama Nenek Fatma. Kegiatan buka puasa kaum dhuafa dan santunan kepada Nenek Fatma merupakan kerja sama Komunitas Ketimbang Ngemis Bali dengan Lembaga Kemanusiaan Dompet Sosial Madani (DSM).

Kaum dhuafa yang tinggal di Jalan Pulau Roti ini sebagian besar bermata pencaharian sebagai buruh angkut, pemulung barang bekas dan pekerja serabutan. Meskipun Komunitas Ketimbang Ngemis Bali merupakan komunitas sosial yang baru terbentuk, saat ini KNB sudah memiliki 100 lebih anggota aktif yang rata-rata merupakan anak muda beprofesi sebagai mahasiswa dan pekerja.

Sudah banyak sosok pejuang kehidupan yaitu para lansia yang bekerja secara halal di usia senja mereka yang dibantu oleh Komunitas Ketimbang Ngemis Bali ini.

Bantuan yang diberikan Komunitas Ketimbang Ngemis Bali tidak hanya dalam bentuk uang tunai, tetapi ada yang berupa layanan pengobatan, kasur untuk tidur, sembako dan masih banyak lagi.

Baca Juga

Komunitas Ketimbang Ngemis Bali juga sering mengadakan kegiatan “blusukan“ untuk mencari sosok-sosok pejuang kehidupan yang pantas dan layak dibantu di seputaran Kota Denpasar dan Kabupaten-kabupaten yang ada di Bali.

Muhammad Imran Syaban, salah satu pengurus Ketimbang Ngemis Bali mengatakan, kegiatan buka puasa bersama dhuafa dan santunan untuk Nenek Fatma merupakan kegiatan yang telah dirancang para pengurus KNB dalam menyambut hari jadi kedua. Imran mengungkapkan,  melalui kegiatan sosial ini KNB dapat menjadi Komunitas yang lebih dewasa dan bisa mengajak anak muda lainnya untuk bersama-sama membantu sosok-sosok pejuang kehidupan agar bisa hidup lebih layak.

“Saya bersama rekan-rekan Komunitas Ketimbang Ngemis Bali berharap kegiatan buka puasa bersama dengan Kaum Dhuafa dan santunan untuk Nenek Fatma bisa membantu para pejuang kehidupan yang mau bekerja halal ketimbang meminta-minta. Melalui kegiatan ini semoga Komunitas Ketimbang Ngemis Bali bisa menjadi komunitas yang lebih dewasa dan mampu menginspirasi anak muda Bali untuk bersama-sama membantu sosok-sosok pejuang kehidupan lainnya agar dapat hidup lebih layak,” ungkapnya. (Herdian Armandhani)

Foto-fofo: Dokpri Herdian Armandhani

Baca Juga