Tak Terbukti Bersalah, Wartawan Ranu Muda Divonis Bebas

Ranu Muda usai divonis bebas

SEMARANG  (SALAM-ONLINE): Bulan Ramadhan, menjadi bulan penuh berkah bagi Ranu Muda Adi Nugroho, wartawan Panjimas.com. Ranu yang beberapa waktu lalu sempat mendekam di penjara selama lima bulan lebih, akibat dituduh terlibat dalam aksi nahi munkar kemaksiatan di Social Kitchen Solo, sejak Rabu (31/5) bisa menghirup udara bebas.

Ranu dan para pimpinan Laskar Umat Islam Surakarta (LUIS), ditangkap pada Desember 2016 lalu. Pada Rabu (31/5/2017) kemarin mereka menjalani proses persidangan terakhirnya di Pengadilan Negeri Semarang, Jalan Siliwangi 512, Semarang, Jawa Tengah.

Kuasa hukum Ranu sebelumnya pernah beberapa kali menempuh proses penangguhan penahanan, dengan jaminan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Dahni Anzar Simanjuntak, namun berkali-kali pula ditolak aparat kepolisian.

Jaksa Umar Dhani dalam dakwaannya di persidangan menjerat para tokoh LUIS: Edi Lukito, Joko Sutarto, Endro Sudarsono, Yusuf Suparno, Suparwoto, Mujiono Laksito, Mulyadi dan wartawan Ranu Muda Adi Nugroho dengan sejumlah pasal berlapis. Kedelapan orang tersebut didakwa Pasal 170 KUHP tentang penganiayaan, Pasal 169 KUHP tentang permufakatan jahat, Pasal 406 tentang pengrusakan, serta Pasal 167 tentang masuk ke rumah tanpa izin.

Baca Juga

Pada persidangan berikutnya dalam tuntutan yang dibacakan bergantian oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Slamet Margono, Umar Dani dan Saptandi, Ranu dan para pimpinan LUIS dituntut dengan hukuman enam bulan penjara.

Namun, menurut Majelis Hakim yang dipimpin Pudji Widodo, tidak ada unsur yang bisa membuktikan lima pasal dakwaan JPU.

“Pasal yang menjerat kedelapan terdakwa secara sah tidak terbukti, karena unsur yang terkait termasuk saksi-saksi yang dihadirkan Social Kitchen tidak melihat terdakwa melakukan perbuatan tersebut,” ujarnya.

Usai mendengar putusan hakim, Ranu bersama para tokoh LUIS kemudian melakukan sujud syukur. Mereka bergembira karena divonis bebas murni dan bisa langsung pulang ke rumah pada Rabu kemarin juga, untuk bertemu keluarga mereka di Solo. (SY)

Baca Juga