Tiba di Qatar, Pasukan Turki Gelar Latihan Pertama di Pangkalan Militer Tariq Bin Ziyad

DOHA (SALAM-ONLINE): Kementerian Pertahanan Qatar telah mengumumkan kedatangan kelompok pertama tentara Turki di wilayah ibu kota Qatar, Doha, untuk ambil bagian dalam latihan militer bersama.

Dilansir Aljazeera, Senin (19/6), pasukan tersebut melakukan latihan pertama mereka di pangkalan militer Tariq bin Ziyad pada Ahad (18/6), kata kementerian tersebut.

Latihan yang telah direncanakan, merupakan bagian dari kesepakatan bersama untuk memperkuat kemampuan pertahanan kedua negara. Selain itu untuk meningkatkan upaya memerangi kelompok bersenjata dan menjaga stabilitas di wilayah tersebut.

Turki menjadi pendukung utama Qatar sejak sengketa Teluk dimulai pada 5 Juni lalu. Beberapa negara Teluk-Arab memutuskan hubungan diplomatik seperti Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain, Mesir dan lainnya.

Baca Juga

Sejumlah negara itu menuduh Qatar mendukung “terorisme” dan Iran. Namun, pemerintah Qatar menolak tuduhan tersebut. Apalagi Qatar termasuk yang turut dalam koalisi pimpinan Arab Saudi dalam memerangi pemberontak Syiah Houthi dukungan Iran di Yaman.

Turki juga telah berusaha menengahi antara kedua belah pihak untuk menemukan solusi terhadap krisis yang sedang terjadi. (EZ/Salam-Online)

Sumber: Aljazeera

Baca Juga