Ingatkan Janji saat Kampanye, GPII Juga Tagih Ajakan Jokowi di Sidang OKI untuk Boikot ‘Israel’

Ketum Pengurus Pusat GPII Karman BM

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Ketua Umum Pengurus Pusat Gerakan Pemuda Islam Indonesia (GPII) Karman BM merasa prihatin, lantaran penjajah “Israel” kembali menunjukkan kekejamannya pada rakyat Palestina.

Dengan pelarangan ibadah di Masjid Al-Aqsha dan kekerasan terhadap warga Sipil, bahkan sejumlah dokumentasi viral melalui sosmed, kata Karman, menggambarkan bagaimana nyawa begitu murah dan gampang bagi laras panjang pasukan “Israel”.

“Sebagai negara berpenduduk mayoritas Islam yang berkomitmen pada perdamaian dunia dan menjunjung tinggi hak asasi manusia, mestinya lebih aktif menunjukkan pembelaan terhadap Palestina tanpa harus meninggalkan politik luar negeri bebas aktif,” ujar Karman kepada Salam-Online, Selasa (25/7).

Presiden Jokowi, menurutnya, harus menunjukkan peran strategis Indonesia. “Ini waktunya Jokowi tunjukkan salah satu janji Pilpresnya,” ujar Karman.

Baca Juga

Ia menyebutkan, tercatat dalam salah satu butir kampanye Pilpres 2014 lalu, Jokowi menaruh perhatian khusus mengenai persoalan Palestina. Jokowi mengatakan akan bersama Palestina dalam melawan penjajahan “Israel”.

“Bahkan tak tanggung-tanggung, meski terkesan klasik, secara meyakinkan Jokowi mengajak pemimpin dunia yang bersidang tingkat tinggi (negara-negara) Organisasi Konferensi Islam (OKI) untuk memboikot produk-produk ‘Israel’, meskipun hingga saat ini bentuk konkret dari seruan boikot ini belum ada realisasinya,” ungkap Karman.

Ia meminta, sebaiknya Presiden Jokowi langsung datang Ke Al-Aqsha, menembus barikade kesombongan aparat dan penjajah “Israel”. Langkah seperti ini pernah dilakukan oleh Presiden Soeharto, ketika terjadi konflik negara-negara balkan. Soeharto menunjukkan kepada dunia keberpihakan Indonesia pada Muslim Bosnia melawan Serbia.

“Apakah usul untuk langsung datang ke Al-Aqsha akan berhasil? Insya Allah akan berhasil, mengingat Indonesia adalah negara yang sangat dihitung oleh dunia,” tutup Karman. (EZ/Salam-Online)

Baca Juga