‘Israel’ Menyerah, dengan Takbir Kemenangan Ribuan Warga Palestina Menuju Al-Aqsha

AL-QUDS (SALAM-ONLINE): “Israel” akhirnya “menyerah”. Penjajah itu mengembalikan komplek Masjid Al-Aqsha seperti semula. Warga Palestina pun memasuki komplek Masjid Al-Aqsha untuk pertama kalinya dalam waktu kurang dari dua pekan, setelah penjajah “Israel” memindahkan detektor logam dan peralatan pengintai serta rintangan lainnya dari gerbang menuju tempat suci ketiga umat Islam itu.

Dengan pekik dan gemuruh takbir yang membahana, ribuan pria, wanita dan anak-anak berjalan pada Kamis (27/7) menuju komplek Al-Aqsha, di mana seruan untuk shalat terdengar lagi dari masjid itu. Kaum Muslimin Palestina menyebutnya sebagai takbir kemenangan.

Raed Saleh, penduduk warga Al-Quds (Yerusalem) Timur yang diduduki, mengatakan bahwa ini adalah kemenangan bagi orang-orang Palestina.

“Kami tidak pernah melihat kemenangan seperti ini bagi orang-orang kami,” katanya kepada Aljazeera, Kamis (27/7). “Orang-orang datang dari mana saja untuk mendukung kami dalam kesempatan ini,” ujarnya seperti dilansir Aljazeera, Jumat (28/7).

Penjajah “Israel” akhirnya menyerah, menghapus tindakan keamanan dan mengembalikan status komplek Al-Aqsha seperti semula. (Foto: Aljazeera)

“Penjajah ‘Israel’ sekarang akan mengerti bahwa orang-orang Palestina dari Yerusalem tidak akan menerima semua yang mereka (‘Israel’) akan katakan,” lanjutnya.

Baca Juga

CCTV telah disingkirkan menyusul pintu metal detektor yang juga sudah dicabut oleh penjajah Israel. Pasukan keamanan “Israel” mengumumkan bahwa tindakan keamanan yang mereka berlakukan di komplek Al-Aqsha sudah dihapus setelah penjajah itu mendapat protes keras dari kaum Muslimin di seluruh dunia.

Setelah detektor logam dan alat kamera pengintai dari komplek Masjid Al-Aqsha disingkirkan pada Kamis (27/7) pagi, warga Palestina pun berkumpul di tempat suci tersebut setelah siang hari. Itu setelah pejabat otoritas Wakaf Islam yang mengelola komplek Masjid al-Aqsha, memberi lampu hijau kepada umat Islam untuk kembali melaksanakan shalat di sana.

Sesuai arahan Dewan Fatwa Palestina dan otoritas Wakaf Islam yang mengelola komplek tersebut, kaum Muslimin mulai memasuki Masjid Al-Aqsha saat shalat Ashar berjamaah tiba, Kamis (27/7). (S)

Sumber: Aljazeera

Baca Juga