Clooneys Siap Bantu Pendidikan 3.000 Anak Pengungsi Suriah di Lebanon

George Clooney

WASHINGTON (SALAM-ONLINE): Yayasan Clooney milik George dan Amal Clooney akan membantu 3.000 anak pengungsi Suriah agar dapat bersekolah tahun ini di Lebanon.

PBB melaporkan bahwa 200.000 anak-anak tidak mendapatkan pendidikan setelah mengungsi untuk menghindar dari peperangan di Suriah.

Yayasan Clooney untuk Keadilan mengatakan telah bekerjasama dengan Google (GOOGL.O) dan HP Inc (HPQ.N) membantu badan UNICEF dan Kementerian Pendidikan Lebanon dengan membuka tujuh sekolah “shift kedua” untuk pengungsi anak Suriah.

Lebanon menerima lebih dari 1 juta pengungsi Suriah, termasuk hampir 500.000 anak-anak.

“Kami tidak ingin kehilangan seluruh generasi yang memiliki nasib buruk,” kata aktor peraih Oscar George Clooney dan pengacara hak asasi manusia internasional, Amal Clooney, yang melahirkan anak kembar bulan lalu.

Baca Juga

“Ribuan pengungsi Suriah muda berisiko, berisiko tidak pernah menjadi bagian produktif masyarakat. Pendidikan formal bisa membantu mengubahnya,” ujar pasangan tersebut seperti dilansir Reuters, Selasa (1/8/2017).

Sumbangan sebesar U$3,25 juta dari Yayasan Clooney untuk Keadilan, Google dan HP akan mengeluarkan dana untuk transportasi, perlengkapan sekolah, komputer, konten pendidikan, kurikulum dan pelatihan guru.

Juru bicara Yayasan Clooneys, Max Gleischman, mengatakan bahwa organisasi tersebut telah memutuskan untuk membantu pendidikan bagi pengungsi Suriah melalui sistem sekolah umum.

Yayasan tersebut telah mengumumkan pada tahun lalu bahwa mereka akan mendaftarkan ribuan anak di sekolah SABIS. (EZ/Salam-Online)

Sumber: Reuters

Baca Juga