Rumah Pustaka Hamka Diresmikan di Malaysia

Prof Dr Buya Hamka

KUALA LUMPUR (SALAM-ONLINE): Sejumlah tokoh Indonesia di Malaysia, Sabtu (5/8/2017) menghadiri peresmian Rumah Tamu dan Pustaka Hamka di Sungai Besar yang diinisiasi anggota parlemen Sungai Besar, Budiman Bin Mohd Zohdi.

Sejumlah tokoh yang hadir dari Indonesia adalah Ketua Nasdem Malaysia Tengku Adnan, Ketua Partai Demokrat Malaysia Lukmanul Hakim, Ketua Muhammadiyah Malaysia Dr Sonny Zulhuda, pengurus KNPI Malaysia Agus Dwi dan pengurus Sahabat Pena Nusantara Malaysia Raihana Mahmud.

Selanjutnya Ketua Pimpinan Cabang Istimewa Aisiyah Malaysia Nita Nashitah, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lamongan Ali Mahfud. Sedangkan dari Malaysia di antaranya Wakil Pengarah Institut Wasatiyyah Malaysia Fadil Omar Baki.

Peresmian diawali dengan kilas balik kiprah Prof Dr Haji Abdul Malik Karim Amrullah (Hamka) di Nusantara yang disampaikan oleh Sonny Zulhuda yang juga dosen Universitas Islam Antar Bangsa.

“Di antara ilmuwan dan cendekiawan, Hamka yang paling produktif. Karena itu ketika Budiman memprakarsai pendirian Rumah Hamka maka warga Sungai Besar yang beruntung. Melalui Muhammadiyah beliau memperkuat keilmuan keislamannya,” katanya.

Budiman Mohd. Zohdi menyebut pendirian Rumah Pustaka Hamka untuk menggalakkan rakyat khususnya golongan muda di Sungai Besar memanfaatkan ilmu pengetahuan.

Budiman mengatakan pembukaan pustaka yang mengambil nama penulis dan ulama terkenal, Hamka atau Allahyarham Abdul Malik Abdul Karim Amrullah sebagai manifestasi terhadap penulisan buku-buku tokoh tersebut yang telah membawa pengaruh besar kepada masyarakat Nusantara.

Baca Juga

Walaupun Hamka kelahiran Indonesia, ujar dia, namun karya-karyanya adalah milik masyarakat Nusantara termasuk di Malaysia.

“Saya fokus untuk memilih karya Hamka kerana ia dekat dengan masyarakat kita. Saya pikir ia mewakili suara masyarakat Nusantara selain menjadi nostalgia dan rujukan kepada khalayak pembaca di negara ini,” katanya.

Di samping itu, ujar dia, dia mau mewujudkan budaya membaca dan perbincangan intelektual dalam kalangan masyarakat setempat.

Budiman menyampaikan bahwa  80 persen dari 134 judul buku karya Hamka sudah ditempatkan di Pustaka Hamka tersebut.

Pustaka Hamka itu dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 09.00 pagi hingga 17.00 petang.

Turut menandatangani plakat peresmian Pustaka Hamka itu Wakil Pengarah Institut Wasatiyyah Malaysia, Fadil Omar Baki didampingi Budiman di Kampung Tebuk Haji Yusof, sedangkan pada malam harinya diputar Film di Bawah Lindungan Ka’bah yang diadopsi dari novel Buya Hamka.

Sumber: Antara

Baca Juga