Raja Salman Tambahkan Bantuan Kesehatan Senilai 15 Juta Dolar AS untuk Pengungsi Rohingya

Tim Pusat Bantuan dan Kemanusiaan Raja Salman (KSRelief) di kamp pengungsian Rohingya, Cox’s Bazar, Bangladesh. (Sumber Foto: SPA)

RIYADH (SALAM-ONLINE): Sebuah tim dari Pusat Bantuan dan Kemanusiaan Raja Salman (King Salman Center for Relief and Humanitarian Aid/KSRelief) saat ini sedang berada di Bangladesh. Mereka sedang mempelajari cara mengoperasikan proyek pelayanan kesehatan yang dapat membantu etnis Rohingya di kamp pengungsian, lansir Arabnews, Selasa (3/10/2017).

Saat ini tim KSRelief berada di Cox’s Bazar, Bangladesh, untuk menjalankan operasinya. Mereka juga berkoordinasi dengan International Organization for Migration (IOM) dan pemerintah Bangladesh.

Dua pekan lalu, Raja Salman memerintahkan tambahan bantuan sebesar 15 juta dolar AS untuk membantu Muslim Rohingya, terutama untuk perawatan kesehatan pengungsi.

Hal tersebut disampaikan Raja Salman dalam pertemuan kabinet. Pertemuan kabinet tersebut membahas serangan brutal dan genosida yang dilakukan terhadap Muslim Rohingya di Myanmar. Banyak desa-desa dan rumah minoritas Muslim dihancurkan.

Tim Saudi saat ini berada di kamp pengungsi Manojano di Bangladesh. Mereka memperhatikan kebutuhan perawatan kesehatan 100 ribu pengungsi di Monojano. Tempat ini merupakan kamp pengungsi ketiga yang dikunjungi Tim KSRelief, setelah mengunjungi pos pengungsian di Kota Bolong dan Palo Cali.

Baca Juga

Kepala rumah sakit, Dr Bchwano, mengatakan bahwa rumah sakit utama adalah satu-satunya rumah sakit di wilayah yang menerima kasus medis dari kamp pengungsian Rohingya di Cox’s Bazaar. Rumah sakit memiliki kapasitas 250 tempat tidur. Sementara jumlah pengungsi Rohingya yang sakit jauh lebih banyak dibanding kapasitas rumah sakit.

Seorang pejabat dari Tim Saudi mengatakan, pihaknya sedang mencari cara untuk menyediakan sarana kebutuhan perawatan kesehatan bagi para pengungsi.

Duta Besar Bangladesh untuk Saudi, Golam Moshi mengatakan kepada ArabNews, jumlah pengungsi telah mencapai hampir 1 juta orang.

“Kami sangat berterima kasih kepada Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman atas dukungan mereka yang luar biasa bagi Bangladesh untuk melindungi dan merawat para pengungsi ini,” kata Golam. (EZ/Salam-Online) 

Sumber: Arabnews

Baca Juga