Jubir Militer Al-Shabaab: ‘Yang Kami Serang Yahudi & Amerika’

Al Shabaab's military spokesman Sheik Abdul Asis Abu Muscab issues a statement south of capital Mogadishu
Jubir Militer Al-Shabaab Syaikh Abulazis Abu Muscab (paling depan)

KENYA (SALAM-ONLINE): Al-Shabaab, kelompok Mujahidin Al-Qaidah yang berbasis di Somalia, mengaku bertanggungjawab atas serangan di ibukota Kenya, Nairobi, yang diluncurkan sejak Sabtu (21/9/2013) di pusat perbelanjaan kelas atas, Mall Westgate.

Menurut laporan layanan pers Mujahidin Al-Shabaab, HSM Press, hanya tawanan kafir yang terlibat dalam penyergapan Mujahidin ini. Sementara semua Muslim yang berada di dalam Mall Westgate telah dikawal keluar oleh Mujahidin sebelum memulai serangan.

Serangan ini hanyalah sedikit pembalasan atas hilangnya nyawa Kaum Muslimin yang gugur dalam serangan pengecut jet-jet Kenya di Lower Jubba dan kamp-kamp pengungsi rakyat Somalia lainnya. Apa yang Kenya saksikan di Westgate saat ini adalah pembalasan atas kejahatan yang dilakukan oleh militer mereka.

Al Jazeera mewawancarai juru bicara Mujahidin Al-Shabaab, Syaikh Abulaziz Abu Muscab, terkait operasi tersebut saat pengepungan di mall itu memasuki hari ketiga pada Senin (23/9).

Syaikh Abulaziz berbicara mengenai mengapa Al-Shabaab menyerang Nairobi sekarang. Syaikh juga memberikan wawasan tentang hubungan antara Al-Shabaab dengan Mombasa Youth Centre, sebuah kelompok yang diklaim oleh pemerintah Kenya sebagai organisasi “teroris”.

Berikut wawancara Al Jazeera dengan jurubicara operasi militer Mujahidin Al-Shabaab, Syaikh Abulaziz Abu Muscab.

Al Jazeera (AJ): Sudah lebih dari dua tahun sejak pasukan Kenya masuk ke Somalia untuk memerangi Al-Shabaab. Mengapa Al-Shabaab (baru) menyerang Nairobi sekarang?

Syaikh Abulaziz Abu Muscab (SA): Kami telah terlambat dalam menyerang Nairobi. Kami tidak menyerang sebelumnya karena mereka mengharapkan kami untuk menyerang. Tujuan kami adalah untuk menyerang musuh kami ketika mereka tidak mengharapkan kami untuk menyerang. Kali ini mereka tidak mengharapkan kami untuk menyerang. Kami memilih kapan saatnya menyerang, dan waktu terbaik untuk menyerang.

AJ: Apakah ini serangan pertama Al-Shabaab di Nairobi?

SA: Itu bukan hal penting. Yang penting adalah kami yang menyerang sekarang. Tidaklah penting untuk mengatakan kami sudah menyerang sebelumnya atau tidak.

AJ: Serangan ini terjadi di Mall Westgate, yang, ketika serangan dimulai, penuh dengan para pembeli. Mengapa Al-Shabaab menyerang tempat yang penuh dengan warga sipil?

SA: Tempat yang kami serang adalah pusat perbelanjaan Westgate. Ini adalah tempat dimana wisatawan dari seluruh dunia datang ke toko, para diplomat berkumpul. Ini adalah tempat dimana para pengambil keputusan Kenya pergi untuk bersantai dan menghibur diri mereka sendiri. Westgate adalah sebuah tempat dimana terdapat toko-toko Yahudi dan Amerika. Jadi kami menyerang mereka.

Mengenai gugurnya warga sipil, (pemerintah) Kenya yang pertama-pertama harus ditanya, mengapa mereka mengebom warga sipil Somalia yang tak bersalah di kamp-kamp pengungsi, mengapa mereka mengebom rakyat yang tak bersalah di wilayah Gedo dan Jubba. Mereka yang harus ditanyai terlebih dahulu sebelum kami.

AJ: Al-Shabaab mengaku berjuang untuk melindungi Kaum Muslimin dan rakyat Somalia pada khususnya. Beberapa orang yang tewas dalam serangan ini malah menunjukkan sebaliknya.

SA: Sejarah mendukung pernyataan kami. Kami adalah satu-satunya yang melindungi rakyat Somalia. Kami adalah satu-satunya kelompok yang memerangi musuh bersejarah Somalia. Kami adalah satu-satunya yang bisa mengatakan “tidak” kepada musuh rakyat Somalia.

Baca Juga

Mengenai hilangnya beberapa nyawa, ada tentara Kenya yang menembak para pejuang kami. Ada tembak-menembak. Tidak ada bukti bahwa peluru kami yang membunuh mereka .

Kami membebaskan semua Muslim ketika kami mengambil alih mal ini. Para saksi telah mendukung kami dalam hal ini.

AJ: Apakah menurut Anda serangan ini akan membuat Kenya menarik pasukannya dari Somalia?

SA: Pertanyaan itu bukanlah untuk kami. (Pertanyaan) itu untuk pemerintah Kenya. Itu terserah mereka akan menarik tentara mereka atau tidak. Jika mereka tidak mundur, serangan seperti ini akan menjadi biasa terjadi di Kenya. Ada kemungkinan jika mereka tidak mundur, serangan seperti ini akan terjadi di kota-kota Kenya dan kota-kota kecil Kenya setiap hari.

AJ: Sebelum pasukan Kenya masuk ke Somalia pada Oktober 2011, bagaimanakah hubungan antara Ash-Shabab dengan pemerintah Kenya?

SA: Kami selalu memahami bahwa Kenya adalah musuh rakyat Somalia. Kami mengetahui hal ini ketika kami menguasai kota-kota perbatasan. (Pasukan) Kenya menyerang kami secara tak terduga. Kami tidak percaya kepada mereka dan kami tidak mempercayai mereka.

AJ: Kenya mengatakan akan pergi setelah para pelaku serangan ini dan tidak akan berhenti sampai mereka kalah. Apa pendapat Anda mengenai hal itu?

SA: Kami bukan pelaku. Kami hanya membela diri dan membela hak-hak kami, hak-hak rakyat Somalia.

Saat ini tidak ada yang memiliki catatan kriminal yang lebih buruk daripada Presiden Kenya Uhuru Kenyatta. Dia berbicara tentang puluhan orang yang tewas di Westgate saat dia bertanggung jawab atas kematian ribuan orang yang terbunuh ketika dia menjabat sebagai presiden. Jika Kenya menginginkan seseorang yang bertanggungjawab atas ini, maka pertama-tama mereka harus memulainya dengan dia.

AJ: Banyak, termasuk pemerintah Somalia dan Kenya, yang mengatakan Al-Shabaab menargetkan sebuah tempat yang penuh dengan warga sipil adalah tanda kelemahan, bahwa Ash-Shabab berada di belakang dan akan segera menjadi sejarah. Apakah itu masalahnya?

SA: Siapakah orang-orang ini, menilai kami? Kelemahan orang-orang ini adalah umum agar semua orang melihatnya. Pemerintah Somalia dilindungi tank-tank untuk membuat mereka tetap berkuasa. Sementara Kenya mengandalkan dukungan asing, bahkan untuk berurusan dengan masalah kecil seperti (serangan) Westgate ini. Mereka meminta dukungan Barat.

AJ: Terakhir, Kenya telah menunjuk Mombasa Youth Centre (MYC) sebagai organisasi “teroris”. Kelompok ini pada banyak kesempatan telah mendukung Al-Shabaab. Apakah hubungan Al-Shabaab dengan MYC?

SA: Hubungan antara MYC dan kami adalah hubungan antara sesama Muslim. Mereka adalah saudara-saudara Muslim kami. Islam adalah hubungan kami, dan mereka memiliki hak yang sama dari kami seperti Kaum Muslimin lainnya. (arrahmah.com)

salam-online

Baca Juga