Ini yang Terjadi pada Tubuh Kita Saat Berpuasa

Hidup Sehat-2SALAM-ONLINE: Saat berpuasa, tubuh kita akan mengalami beberapa perubahan. Apa saja perubahan-perubahan itu?

Berpuasa mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Hal tersebut sudah dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan di Pakistan dan telah dipublikasikan oleh Journal of Pakistan Medical Association.

Kegiatan berpuasa ini menyebabkan terjadinya perubahan fisiologis, biokimia, metabolik dan spiritual di dalam tubuh kita. Dalam penelitian tersebut disebutkan beberapa manfaat yang didapatkan oleh tubuh kita ketika berpuasa, yakni:

  • Meningkatnya jumlah sel darah merah, sel darah putih dan trombosit.
  • Meningkatnya kadar kolesterol yang baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat, dan trigliserida. Hal tersebut secara tidak langsung menurunkan risiko penyakit jantung koroner pada seseorang.
  • Menurunkan tingkat stres pada tubuh seseorang.
  • Memperbaiki parameter koagulasi darah.
  • Menurunkan komponen-komponen proradang yang bisa menyebabkan kanker.
Baca Juga

Pada orang dewasa, kegiatan berpuasa mendatangkan berbagai manfaat bagi tubuh kita. Tidak ada efek buruk yang ditimbulkan bagi otak, jantung, paru, hati, ginjal, sistem darah dan hormonal. Akan tetapi, bagi Anda yang menderita beberapa penyakit seperti kencing manis, jantung koroner, ginjal dan mata, harus lebih berkonsultasi kepada dokter sebelum menjalankan puasa.

Sumber: klikdokter.com

Baca Juga