Siaran Pers Sinergi Foundation: Hak Jawab atas Pemberitaan Situs cnnindonesia

SALAM-ONLINE: Beredar viral berita yang diunggah situs cnnindonesia.com dengan link berikut
https://m.cnnindonesia.com/…/kajian-mewujudkan-khilafah-di-…

Dalam berita tersebut, penting untuk diklarifikasi beberapa hal sebagai berikut:

  1. Seperti dalam tampilan halaman muka, berita berjudul tersebut diunggah pada Sabtu (26/5/2018) pukul 21:33. Pada kalimat judul nampak kasat menggiring opini bahwa acara pasti berlangsung, dengan kalimat judul “Kajian Mewujudkan Khilafah di Bandung Dipastikan tak Batal”, tanpa ada proses tabayyun kepada pihak pengelola Gedung Wakaf 99. Padahal, sekitar pukul 19.59, pihak panitia acara sudah menghubungi pihak pengelola gedung, memberitahukan perihal pembatalan acara yang direncanakan digelar keesokan harinya.
  2. Di paragraf ke-4 berita tersebut tertulis, “Dikutip Berdasarkan profil di Linkedin, Luthfi Afandi berdomisili di Bandung dan bekerja sebagai pengusaha sosial di Sinergi Foundation sejak Januari 2014 hingga saat ini.” Lagi-lagi tanpa ada proses tabayyun kepada pihak Sinergi Foundation, bahkan memastikan nama yang disebut dalam paragraf tersebut masih aktif sampai kini. Padahal, nama yang ditulis dalam kutipan berita tersebut, secara resmi telah non aktif dari Sinergi Foundation sejak Desember 2015.
  3. Di paragraf ke-6 berita tersebut tertulis, “Diketahui, seminar bertajuk Kajian Sistem Politik dan Pemerintahan Islam akan digelar di Bandung, Minggu 27 Mei 2018 besok pukul 09.00-15.00 WIB. Tepatnya di Gedung Wakaf Pro, Jalan Sidomukti 99H, Cikutra, Bandung, Jawa Barat.” Seperti dalam klarifikasi Nomor 1 bahwa pada Sabtu sekitar pukul 19.59, pihak panitia acara sudah menghubungi pihak pengelola gedung, memberitahukan perihal pembatalan acara yang direncanakan digelar keesokan harinya.
  4. Penting untuk disampaikan bahwa “Gedung Wakaf 99”, Bukan “Gedung Wakaf Pro” seperti ditulis dalam pemberitaan, adalah gedung milik masyarakat, yang dikelola sejak Tahun 2011 dengan konsep Wakaf Produktif. Termasuk keberadaan Training Center di Lt 3 Gedung tersebut, yang terbuka untuk kegiatan umum lintas komunitas, dengan pola sewa.
    Hasil dari sewa tersebut dipergunakan untuk operasional gedung, dan selebihnya disalurkan untuk program-program sosial—pemberdayaan Sinergi Foundation.

Demikian klarifikasi dalam bentuk hak jawab ini kami sampaikan. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala melindungi kita semua dari terpaan informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Wassalamua’alaikum warahmatullah,

Baca Juga

Bandung, 27 Mei 2018

Sinergi Foundation

Asep Irawan
Deputy CEO
081321799499

Baca Juga