Ke Kairo, Delegasi Hamas Bahas Perkembangan Terakhir Palestina

GAZA (SALAM-ONLINE): Delegasi Hamas berangkat ke Kairo dari Jalur Gaza yang diblokade, Rabu (11/7/2018), untuk mengadakan pembicaraan dengan para pejabat rezim kudeta Mesir.

Delegasi tersebut dipimpin oleh Khalil al-Hayya, Wakil Pemimpin Hamas di Gaza.

Menurut salah seorang juru bicara Hamas, Fawzi Barhoum, anggota delegasi akan bertemu dengan pejabat Mesir untuk membahas “hubungan bilateral dan perkembangan terakhir di Palestina dan Arab”.

Mesir baru-baru ini mengundang para pemimpin kelompok perlawanan yang berbasis di Gaza ke Kairo untuk membahas prospek rekonsiliasi antar-Palestina dan ketegangan yang sedang berlangsung di sepanjang pagar perbatasan Gaza.

Setidaknya 137 demonstran Gaza telah gugur oleh tembakan tentara penjajah sejak 30 Maret lalu, ketika warga Palestina mulai menggelar unjuk rasa massal di sepanjang perbatasan Jalur Gaza.

Para pengunjuk rasa menuntut “hak untuk kembali” ke rumah mereka di Palestina yang bersejarah, di tempat dulu pada 1948 mereka diusir, sehingga membuka jalan bagi Zionis Yahudi untuk mendirikan negara “Israel” secara ilegal.

Demonstran Palestina itu juga menuntut diakhirinya blokade penjajah selama 11 tahun di Jalur Gaza. Blokade yang mengakibatkan wilayah pantai kantong pantai bersama dengan sekitar dua juta penduduknya itu jatuh ke jurang bencana kemanusiaan. (S)

Sumber: Anadolu Agency

Baca Juga