Bulan Sabit Merah Turki Kirim 42.000 Truk Bantuan Kemanusiaan ke Suriah

ANKARA (SALAM-ONLINE): Bulan Sabit Merah Turki telah mengirim bantuan kemanusiaan lebih dari 42.000 truk ke Suriah sejak dimulainya perang sipil di negara itu pada 2011, kata Kerem Kinik, ketua lembaga bantuan itu kepada kantor berita Anadolu, Kamis (8/11/2018).

“Bulan Sabit Merah Turki telah mengirim sekitar 42.000 truk bermuatan bantuan kemanusiaan ke Suriah sejak awal konflik dengan sendirinya atau bekerja sama dengan para mitra,” ujar Kerem Kinik.

“Pada periode ini, makanan, pakaian dan tempat perlindungan terutama dikirim ke wilayah tersebut. Kehidupan sehari-hari mulai normal kembali setelah Operasi Euphrates Shield, Operation Olive Branch, dan gencatan senjata di Idlib,” terang Kinik.

LSM Turki itu juga memberikan bantuan internasional hingga 6,5 ​​juta pengungsi internal di Suriah.

Kinik mengatakan bahwa hampir 25 truk membawa bantuan kemanusiaan ke Suriah setiap hari.

Badan bantuan Turki itu juga melakukan operasi di daerah lain, termasuk promosi pertanian, pembangunan tempat tinggal permanen, layanan kesehatan dan keamanan, kata Kinik.

Operasi itu menciptakan “atmosfer positif” di negara yang tengah dilanda perang tersebut, Kinik menambahkan.

“Suasana ini telah menjadi pemicu dan dorongan bagi mereka yang kembali ke Suriah dari Turki.”

Baca Juga

Organisasi ini juga meningkatkan aktivitas kemanusiannya di kamp pengungsi dan melayani perawatan kesehatan bagi warga sipil.

“Rumah sakit yang didirikan di al-Bab dan Cobanbey siap untuk beroperasi. Kami juga bekerja untuk memasok kebutuhan darah,” ungkap Kinik.

Bulan Sabit Merah Turki juga berfungsi untuk mencegah warga sipil dari pengaruh operasi yang dilancarkan di sebelah timur Sungai Eufrat, kata Kinik.

Organisasi bantuan kemanusiaan Turki ini beroperasi di 45 negara, termasuk Karibia.

Pada 2017, Bulan Sabit Merah Turki membantu lebih dari 18 juta orang. Kinik menambahkan, pada akhir tahun ini akan mencapai hampir 30 juta orang. (mus)

Sumber: Anadolu Agency

Baca Juga