Dr Salim Segaf Terpilih Jadi Waketum Persatuan Ulama Islam Sedunia di Istanbul

Dr Salim Segaf Al-Jufri

ISTANBUL (SALAM-ONLINE): Dr Salim Segaf Al-Jufri yang dikenal sebagai Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) terpilih sebagai salah seorang Wakil Ketua Umum (Waketum) Persatuan Ulama Islam Sedunia (IUMS) yang berlangsung di Istanbul, Turki.

Sementara Syaikh Dr Ahmad Abdul Salam Al-Raisuni dipilih sebagai pengganti Syaikh Dr Muhamamd Yusuf Al-Qaradhawi menjadi Ketua Umum Persatuan Ulama Islam Sedunia (IUMS).

Syaikh Al-Raisuni yang dikenal sebagai pakar Maqashid Syariah itu mendapat 93.4% suara dalam pemilihan pada Rabu (7/11/2018) di Sidang Umum IUMS yang berlangsung di Istanbul , Turki, Sabtu-Kamis (3 – 8 Novemver 2018).

Syaikh Dr Ahmad Abdul Salam Al-Raisuni

Syaikh Al-Raisuni, yang dirilis akun Facebook resmi IUMS, kemudian memilih 4 orang calon wakil ketua. Semua mereka telah dipilih oleh peserta sidang sebagai wakil ketua dengan memperoleh prosentase suara sebagai berikut:

Syaikh Esham Basyir (Sudan): 89.9%

Baca Juga

Syaikh Khairuddin Qahraman (Turki): 88.3%

Syaikh Salim Segaf Al-Jufri (Indonesia): 88.3%

Syaikh Ahmad Al-khalili (Oman): 75.5%

Dr Salim Segaf Al-Jufri (kiri) dalam Sidang Umum Persatuan Ulama Sedunia di Istanbul, Turki

Sidang Umum IUMS yang diikuti oleh 1.500 peserta ulama dan cendekiawan Islam dari seluruh penjuru dunia itu akan berakhir dan ditutup pada hari ini di Istanbul, Kamis, 8 November 2018. Indonesia diwakili oleh beberapa orang tokoh cendekiawan, di antaranya Dr Salim Segaf Al-Jufri dan Dr Muinudinillah Basri. (S)

Baca Juga