Gantikan Dr Qaradhawi, Dr Al-Raisuni Jadi Presiden Persatuan Ulama Sedunia

Syaikh Dr Ahmad Abdul Salam Al-Raisuni

ISTANBUL (SALAM-ONLINE): Ulama dan Cendekiawan Muslim dari Maroko Syaikh Dr Ahmad Abdul Salam Al-Raisuni pada Rabu (7/11/2018) terpilih sebagai Presiden International Union of Muslim Scholars (IUMS)—Persatuan Ulama Islam Sedunia—yang berbasis di Doha, Qatar. Syaikh Al-Raisuni menggantikan Syaikh Dr Muhammad Qardhawi, ulama dan cendekiawan Muslim terkemuka dari Mesir yang sudah lama tinggal di Doha, Qatar.

Pemilihan Al-Raisuni adalah acara puncak dari Sidang Umum IUMS yang berlangsung sejak Sabtu (3/11) hingga Kamis (8/11) di Istanbul, Turki.

Syaikh Al-Raisuni, yang dirilis akun Facebook resmi IUMS, kemudian memilih 4 orang calon wakil presiden. Semua mereka telah dipilih oleh peserta sidang sebagai wakil presiden IUMS dengan memperoleh prosentase suara sebagai berikut:

Syaikh Esham Basyir (Sudan): 89.9%

Syaikh Khairuddin Qahraman (Turki): 88.3%

Syaikh Salim Segaf Al-Jufri (Indonesia): 88.3%

Syaikh Ahmad Al-khalili (Oman): 75.5%

Dr Ahmad Abdul Salam Mohammad Al-Raisuni lahir pada 1953 di desa Awlad Sultan di provinsi Larache di utara Maroko.

Ia menerima pendidikan dasar dan menengah di daerah yang sama sebelum pindah ke kota Maroko Fez, di mana dia mendapatkan gelar Sarjana Hukum Islam dari Universitas Al-Qarawiyyin pada 1978.

Baca Juga

Al-Raisuni menyelesaikan studi pascasarjana di Rabat’s Mohammed V University. Dia memperoleh gelar Master pada 1989 dan PhD tiga tahun kemudian.

Al-Raisuni adalah anggota pendiri IUMS dan anggota dewan eksekutif serikat pekerja sebelum terpilih sebagai wakil presiden organisasi itu pada 2013.

Dari tahun 1996 hingga 2003, Al-Raisuni adalah ketua gerakan Attawhid wal Islah (Persatuan dan Reformasi) yang berbasis di Maroko.

Dia juga menjabat sebagai penasihat akademis untuk Institut Pemikiran Islam Internasional yang berbasis di AS dan merupakan anggota Asosiasi Para Cendekiawan Maroko sebelum organisasi itu dibubarkan pada 2006.

Al-Raisuni juga bertugas di dewan editor Jurnal Ilmiah Pengetahuan Islam dan merupakan anggota pendiri—dan presiden pertama—dari Masyarakat Islam yang berbasis di Maroko.

Dari 1994 hingga 1996, ia memimpin Asosiasi Masa Depan Islam yang berbasis di Rabat. Kemudian dari tahun 2000 hingga 2004 menjabat sebagai direktur harian berbahasa Arab, Al-Tajdid.

Karya akademiknya, yang sebagian besar fokus pada tulisan-tulisan sarjana hukum Sunni abad ke-14, Imam al-Shatibi, telah diterjemahkan ke dalam sejumlah bahasa, termasuk Persia, Urdu, Inggris dan Bosnia.

Al-Raisuni menikah dan memiliki lima anak. (mus)

Sumber: Anadolu Agency

Baca Juga