Mahasiswa tak Hanya Kuliah, Ini Tips Wagub Sulsel ke Peserta Seminar LIDMI

Menjadi mahasiswa tak hanya fokus pada materi kuliah. Wagub Sulsel memberikan tips kepada para mahasiswa—peserta Musyawarah Pimpinan Nasional Lingkar Dakwah Mahasiswa Indonesia yang berlangsung di Makassar, Sabtu-Ahad, 29-30 Desember 2018.

Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman

MAKASSAR (SALAM-ONLINE): Dunia Kampus adalah momen yang sangat tepat untuk mengembangkan diri bagi para Mahasiswa. Bukan hanya fokus pada materi perkuliahan. Namun juga mengambil banyak pengalaman pada sumber-sumber keilmuwan yang lain. Salah satunya adalah ilmu Agama.

“Anak-anak kampus, dapat kesempatan belajar dalam kampus karena salah satu faktor pendukung belajar adalah lingkungan. Maka manfaatkan kampus sebagai lingkungan yang sangat mendukung kerja-kerja keilmuwan yang tentu tidak akan berulang,” nasihat Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman saat memberikan sambutan dalam Musyawarah Pimpinan Nasional Lingkar Dakwah Mahasiswa Indonesia (MUSPIMNAS LIDMI) 2018 di Gedung Pola Kantor Gubernur Sulsel, Sabtu (29/12/2018).

Alumni Teknik Mesin Universitas Hasanuddin ini mengatakan, walaupun kuliah di kampus yang tidak berlabel Islam, namun mahasiswa Muslim harus berusaha menjaga dan mempertahankan keimanan mereka dalam segala hal.

“Kita belajar dari kisah Nabi Yusuf ‘Alaihis Salam, yang berhasil melewati salah satu fitnah terbesar yakni fitnah wanita. Maka Anda para Mahasiswa, khususnya pemuda Islam, harus mampu menghindari fitnah tersebut dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam wilayah kampus,” harapnya.

Baca Juga

“Jadi Mahasiswa itu baru sampai pada fitnah wanita, belum sampai pada fitnah tahta dan harta. Maka harus berlatih sebelum tiba saatnya dipertemukan dengan dua fitnah terbesar tersebut,” imbuhnya.

Identitas keislaman harus dijaga baik, kata Pria berdarah Bugis Bone ini. Menurutnya, kuliah yang baik itu jika idealitas sebagai seorang Mahasiswa Muslim tetap terjaga walaupun telah menamatkan kuliah.

“Intinya adalah latihan di kampus agar idealisme itu tetap ada dan agama tetap terjaga sehingga idealisme kita tunduk pada agama,” ujarnya.

Di akhir sambutan, Bapak tiga anak ini berpesan agar LIDMI sebagai Lembaga kemahasiswaan sekaligus kepemudaan terus konsisten dalam menjaga identitas keislaman para mahasiswa binaannya.

Di hadapan ratusan peserta, Andi Sudirman juga membuka kegiatan MUSPIMNAS LIDMI secara resmi. []

Baca Juga