Laporan: Kondisi Sangat Memprihatinkan Tahanan Palestina di Penjara Zionis

Para tahanan Palestina menjadi sasaran penyiksaan selama investigasi. Penyiksaan ini berlanjut sepanjang waktu melalui kelalaian medis yang disengaja.

Polisi bersenjata Zionis memasuki Penjara Ofer pada 21 Januari 2019

SALAM-ONLINE: Sekitar 219 tahanan Palestina meninggal dalam penjara Zionis sejak 1967. Kelompok hak asasi mencatat bahwa 60 tahanan meninggal karena perawatan kesehatan yang tidak tepat, 78 sengaja dibunuh, 74 disiksa sampai menemui ajal dan tujuh lainnya ditembak hingga mati, kantor berita Safa melaporkan Selasa (19/2/2019) sebagaimana dikutip Middle East Monitor (MEMO), Rabu (20/2).

Berdasarkan wawancara dengan para direktur beberapa kelompok hak asasi manusia (HAM) yang memperjuangkan hak-hak tahanan Palestina dan Arab, Safa melaporkan bahwa ada 750 tahanan pria dan wanita Palestina yang membutuhkan perawatan medis yang saat ini ditahan di penjara-penjara penjajah Zionis.

Dikatakan bahwa para tahanan Palestina menjadi sasaran penyiksaan selama investigasi. Penyiksaan ini berlanjut sepanjang waktu melalui kelalaian medis yang disengaja.

Awal Februari 2019 ini, dua tahanan Palestina dinyatakan meninggal ketika berada di penjara-penjara Zionis. Keduanya, Safa melaporkan, meninggal setelah menderita beberapa penyakit. Salah satunya, Fares Baroud, menghabiskan 28 tahun di penjara. Beberapa hari sebelum kematiannya, dia memberi tahu keluarganya bahwa dia tidak mendapatkan perawatan medis yang segera (mendesak).

Direktur Pusat Studi Tahanan, Raafat Hamdouna, mengatakan bahwa ‘kebijakan’ penjajah terkait kelalaian medis terdiri dari empat elemen: kurangnya pemeriksaan medis yang benar, kurangnya obat-obatan yang tepat, kurangnya tes laboratorium dan menunda operasi yang mendesak.

Baca Juga

Dia juga mengatakan bahwa penjajah mencegah Kementerian Kesehatan Palestina mengirimkan obat-obatan ke tahanan Palestina.

Direktur Pertahanan Pusat Kebebasan dan Hak Sipil, Helmi Al-Araj, menambahkan bahwa ada 750 tahanan di dalam penjara penjajah yang membutuhkan perawatan, termasuk 170 menderita penyakit serius, di antaranya 16 orang mengidap kanker.

Al-Araj juga mengatakan bahwa jumlah ini termasuk 87 tahanan pria dan wanita, yang terluka setelah 2015. Beberapa dari mereka ditembak setelah ditangkap.

Menurut data dari kelompok-kelompok HAM, ada lebih dari 6.000 tahanan Palestina di 22 penjara Zionis, termasuk 250 anak-anak, 49 perempuan dan anak perempuan. (mus)

Sumber: MEMO

Baca Juga