Puluhan Ribu Demonstran di London Memprotes Kunjungan Trump 

Balon ‘Baby Trump’ terlihat saat pengunjuk rasa memprotes kunjungan Presiden AS Donald Trump. Unjuk rasa digelar di Trafalgar Square di London, Inggris pada 4 Juni 2019. (Foto: Tayfun Salcı/Anadolu Agency)

LONDON (SALAM-ONLINE): Puluhan ribu orang memenuhi Lapangan Trafalgar Square pusat London pada hari ini, Selasa (4/6/2019), untuk memprotes kunjungan kenegaraan ke Presiden AS Donald Trump, kantor berita Anadolu melaporkan.

Kelompok-kelompok demonstran itu berkumpul sejak dini sebelum Trump dijadwalkan berkunjung ke London, Inggris, untuk betemu Perdana Menteri Theresa May di Dawning Street.

Ribuan pengunjuk rasa membawa spanduk anti-Trump, plakat dan poster. Selanjutnya mereka berjalan ke pintu masuk 10 Dawning Street. Namun para demonstran gagal mencapai tempat itu karena penjagaan ketat polisi di sekitarnya.

Pintu masuk ke Whitehall juga ditutup oleh pasukan polisi, pasukan berkuda dan pelindung logam karena semakin banyak orang berkumpul di Lapangan Parlemen.

Bayi balon Trump setinggi 20 kaki dipompa dan melayang di alun-alun di lokasi di mana kendaraan lapis baja Trump lewat untuk menuju ke pertemuan dengan May.

Protes diperkirakan akan berlanjut sepanjang hari dengan lebih banyak orang bergabung dengan puluhan ribu demonstran itu.

Pemimpin Partai Buruh dan beberapa politisi lainnya diharapkan bergabung dengan pengunjuk rasa di Lapangan Parlemen Senin sore.

Trump dan May akan berbicara pada konferensi pers bersama setelah pertemuan mereka. Keduanya akan berbicara tentang kemitraan perdagangan masa depan antara AS dan Inggris.

Trump melakukan kunjungan kenegaraan selama 3 hari yang dimulai pada Senin (3/6). Dia secara resmi disambut oleh Ratu di Istana Buckingham. Trump juga bertemu dengan anggota keluarga Kerajaan dalam perjamuan makan negara di malam hari.

Dia diperkirakan akan makan malam dengan Pangeran Charles setelah pertemuannya pada Selasa.

Kunjungan Trump akan berlanjut besok karena dia akan menghadiri peringatan D-Day di Portsmouth untuk menandai peringatan 75 tahun berakhirnya Perang Dunia II.

Trump diperkirakan akan meninggalkan Inggris pada Rabu (5/6) dan menuju Prancis untuk acara D-Day selanjutnya. (mus/salam)

Sumber: Anadolu

Baca Juga
awefawef94571
%d bloggers like this: